Aneh, Uang Rp5 Juta di 33 Nasabah BRI Tiba-tiba Raib

Uang rupiah pecahan Rp100.000.
Sumber :
  • REUTERS/Thomas White

VIVA – Kepolisian Daerah Jawa Timur menerjunkan tim dari Subdit Perbankan Direktorat Reserse Kriminal Khusus untuk menangani kasus raibnya saldo nasabah Bank Rakyat Indonesia atau BRI secara misterius di Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Sementara ini, sedikitnya 33 nasabah jadi korban dan bisa jadi terus bertambah.

BRI Luncurkan BRILSP Menuju Transformasi Digital dan Culture

"Pagi tadi surat perintah telah disampaikan kepada Dirkrimsus agar tim Subdit Perbankan melakukan pengecekan ke Kediri," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, dihubungi VIVA pada Selasa malam, 13 Maret 2018.

Dia menjelaskan, tim Perbankan Polda meminta keterangan sejumlah nasabah yang kehilangan uang dalam rekening BRI secara misterius di kantor Kepolisian Resor Kediri. Dia tidak menyebut rinci berapa pastinya jumlah korban dan nominal uang yang raib. "Masih didalami," tandasnya.

Digelar Virtual, Pesta Rakyat Simpedes BRI 2020 Siapkan 19 Ribu Hadiah

Informasi diperoleh, klarifikasi kepada para nasabah yang menjadi korban berlangsung hingga Selasa malam. Polisi bersama tim dari BRI bekerja sama untuk menyelidiki kasus yang mengakibatkan keresahan para nasabah BRI di Kediri dalam dua hari terakhir itu.

Pihak BRI setempat sendiri telah melaporkan masalah itu ke kantor pusat. Belum diketahui pasti apa yang menyebabkan saldo puluhan nasabah tiba-tiba berkurang atau bahkan raib secara misterius. Belum diketahui pula modus seperti apa dilakukan oknum tak bertanggung jawab jika itu terjadi karena kejahatan perbankan.

BRI Akui Dampak Krisis Ekonomi Akibat COVID-19 Sangat Berat

Nasabah BRI Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, dibuat resah dalam dua hari terakhir. Penyebabnya, saldo puluhan nasabah tiba-tiba berkurang, padahal tidak melakukan transaksi apapun. Rata-rata nominal saldo yang raib antara Rp1 juta sampai Rp5 juta. Sebagian korban sadar setelah menerima laporan transaksi melalui pesan singkat. (one)

Gedung BRI dI Jalan Sudirman, Jakarta.

Melalui Jaringan SWIFT MT101, BRI Perkuat Layanan Global Banking

Layangan BRI SWIFT MT101 adalah jaringan SWIFT yang dapat dinikmati perusahaan global non-finansial ataupun lembaga non-bank.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2021