Survei: Deddy Mizwar Terpopuler, Ridwan Kamil Paling Disukai

Kotak suara logistik Pemilu/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar memiliki angka yang terus bersaing dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), terkait popularitas dan kesukaan masyarakat Jawa Barat kepada mereka. Hasil survei menyebutkan, Deddy paling populer dan Ridwan Kamil paling disukai warga Jawa Barat.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menyebutkan, Deddy Mizwar diketahui atau dianggap populer sebanyak 88 persen dan Ridwan Kamil hanya 72 persen. Sementara, Sudrajat dikenal 14 persen dan TB Hasanuddin hanya 9 persen.

"Di antara empat calon gubernur, Ridwan Kamil paling disukai sebanyak 78 persen, lebih tinggi dibandingkan Deddy Mizwar 73 persen. Sudrajat 58 persen dan TB Hasanuddin 56 persen," kata Deni di kantor SMRC, Jakarta, Kamis, 15 Maret 2018.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Ia menduga, popularitas dan kesukaan warga Jawa Barat berkaitan langsung dengan citra calon. Sebab, Ridwan Kamil juga memiliki angka-angka tertinggi dari citra pribadi dirinya.

"Sebanyak 76 persen menganggap Ridwan Kamil perhatian pada rakyat, 70 persen menganggap jujur, bersih dari korupsi, 80 persen tegas dan berwibawa, 74 persen mampu memimpin, dan 86 persen pintar," kata Deni.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

Sementara Deddy Mizwar dianggap  perhatian pada rakyat 63 persen. Lalu, 68 persen menganggap jujur, bersih dari korupsi, 70 persen tegas dan berwibawa, 64 persen mampu memimpin, dan 78 persen pintar. 

Survei ini dilakukan terhadap warga Jawa Barat pada 1-8 Maret 2018. Jumlah sampel responden sebanyak 801 orang dipilih dengan metode multistage random sampling.

Adapun toleransi atau margin of error sebesar +- 3,5 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai melalui tatap muka. 

Kemudian, quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya