KPK Ingin Lelang Kendaraan Mewah Bupati Abdul Latief

Bupati nonaktif Hulu Sungai Tengah, Abdul Latif saat bersiap menjalani pemeriksaan di KPK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi berencana melelang hasil sitaannya terhadap puluhan kendaraan mewah milik Bupati Sungai Hulu Tengah, Abdul Latief. Lelang tersebut diupayakan terealisasi di proses penyidikan supaya menghindari penurunan harga barang.

"Mobil-mobil mewah ini makin disimpan, makin menurun harganya," kata Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif kepada wartawan, Minggu 18 Maret 2018.

KPK Sita Aset Ricky Ham Pagawak, Nominalnya Fantastis

Laode menyadari, bukan perkara mudah melelang barang sitaan sebelum perkara tersangka mendapatkan putusan yang berkekuatan hukum tetap. Meski begitu, masih ada solusinya, karena KPK sebelumnya sudah pernah melelang hasil sitaan dari tersangka di tahap penyidikan.

"Mungkin kalau ditunggu sampai putus, bisa berkurang harganya. Tetapi, sayangnya berdasarkan hukum berlaku sekarang, harus ada persetujuan dari tersangka. Jadi, kami enggak bisa melelang langsung, kalau tanpa persetujuan tersangka," kata Laode.

KPK Tangkap Wali Kota Bandung Yana Mulyana Terkait Kasus Suap

Di samping itu, kata dia, pihaknya juga sedang bekerja sama dengan Mahkamah Agung (MA) membuat satu instrumen untuk mengurai masalah tersebut. Hal ini, bukan hanya negara yang diuntungkan, melainkan melindungi hak-hak tersangka.

“Salah satu poin ini, kami menginginkan tidak perlu izin. Jadi, nantinya ada akun khusus yang menyimpan harganya. Kalau nanti putusan setelah inkrah, dirampas oleh negara langsung diambil oleh negara," jelasnya.

KPK: Bupati Kapuas dan Istrinya Selaku Anggota DPR Fraksi Nasdem Masih Diperiksa

Mobil Jeep Rubicon Bupati Hulu Sungai Tengah yang disita KPK

Diketahui, tak hanya kasus suap, KPK juga telah menjerat Bupati Latief dengan sangkaan menerima gratifikasi dan melakukan pencucian uang. KPK menduga banyak uang-uang gratifikasi selama Latief menjabat bupati, dibelikan kendaraan-kendaraan mewah.

Rencananya, kendaraan-kendaraan milik Latief yang dibawa penyidik KPK ke Jakarta akan dititip di Rupbasan Jakarta Barat. Kemudian, sisanya dititipkan di Rupbasan Banjarmasin.
 
Berikut ini, daftar aset yang disita KPK dari Abdul Latif:

Mobil:

1. BMW 640i Coupe warna putih metalik
2. Toyota Vellfire ZG 2.5 A/T warna putih
3. Lexus tipe 570 4x4 AT putih
4. Hummer H3 jenis jip warna putih
5. Jeep Rubicon model COD warna putih
6. Jeep Rubicon Brute 3.6 AT warna putih
7. Cadilac Escalade 6.25 L warna putih
8. Hummer H3 jenis jeep warna putih
9. Toyota Hiace 3 unit
10. Toyota Fortuner
11. Daihatsu Gran Max (8 unit)
12. Toyota Calya warna putih (2 unit)

Motor:

1. BMW Motorrad
2. Ducati
3. Husberg TE 300
4. KTM 500 EXT
5. Harley Davidson (4 unit). (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya