Perangi Hoax, Ini Terobosan Polda Metro

Polda Metro bersama komunitas deklarasi anti hoax
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

VIVA – Polda Metro Jaya bersama-sama Indonesia Comunitas Club atau ICC menggelar deklarasi anti-Hoax di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu 18 Maret 2018. Acara tersebut direspons antusias oleh masyarakat yang tengah menghadiri Car Free Day.  

Amy WNA Korea yang Polisikan Tisya Erni, Besok Diperiksa Bersama Asisten Pribadinya

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Argo Yuwono mengatakan, deklarasi bersama ICC ini, untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dalam memerangi hoax, maupun informasi-informasi sumir lainnya.

"Deklarasi ini bukan atas paksaan dari kita, melainkan dari hati yang sudah lelah, resah dan geram dengan peredaran hoax di sosial media," kata Argo, saat berbincang dengan awak media di lokasi acara.

Catat! Ini Jam Macet di Jakarta saat Puasa Ramadhan

Argo menjelaskan, deklarasi hoax tidak hanya dilakukan di Polda Metro Jaya atau di Jakarta saja, tetapi Polda di seluruh daerah Tanah Air.

"Semua komunitas dan kelompok juga sudah deklarasi anti-hoax," kata Argo.

Polda Metro Antisipasi Peningkatan Kemacetan di Jakarta Saat Jam Sibuk Selama Ramadan

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum ICC, Liem Maickel menyakini warga Indonesia sudah lelah dengan informasi hoax yang kerap menimbulkan perpecahan dan keributan. Termasuk, dengan berita-berita yang tidak benar.

Karena itu, dia menilai, perlu pihaknya mensosialisasikan kepada masyarakat, terutama anggotanya. Hal ini penting, supaya tidak langsung percaya dengan informasi-informasi dan berita-berita yang mengandung kecurigaan.  

"Dan, kami tidak akan membatasi anggota yang ingin kirim informasi. Kan, kami juga sering koordinasi dengan Humas Polda Metro, kalau ada berita yang sedikit menyimpang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya