Nasdem: Amien Rais Berusaha Cari Kelemahan Jokowi

Amien Rais
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Serangan mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Amien Rais terhadap Presiden Joko Widodo disayangkan oleh partai pendukung pemerintah. 

Ali Mochtar Ngabalin Minta Amien Rais Istigfar

Meski begitu, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G. Plate meyakini, Jokowi tidak akan terpengaruh dengan serangan yang dinilai tak rasional itu.

"Program sertifikasi lahan rakyat harus diberi dukungan yang kuat, dan Presiden Jokowi tidak akan terpengaruh dengan komentar yang beyond rational (tidak rasional)," kata Plate kepada VIVA, Senin, 19 Maret 2018.

Bela Amien Rais, PAN: Pernyataan Desmond Pesanan untuk Pecah Belah

Menurut Plate, sulitnya sertifikasi lahan masyarakat yang telah berlarut -laru dan berpuluh tahun harus disadari banyak pihak. Karena itu dia menilai langkah Jokowi soal sertifikasi itu harus didukung.

"Agar program pro rakyat, sertifikasi lahan dapat dilaksanakan dengan baik oleh Presiden Jokowi," ujar Plate.

Desmond Sebut Amien Rais Gunakan Prabowo sebagai Alat Politik

Plate mengatakan, Amien seharusnya bisa memberi dukungan program itu, daripada menuding sebagai 'pengibulan'. Menurutnya, pernyataan Amien itu tidak berasal dari hatinya.

"Jika mengacu pada kepentingan rakyat, maka kami meyakini komentar Pak Amin tidak berasal dari hatinya namun dari kulit luar pikirannya saja," kata Plate.

Dia menegaskan, pernyataan Amien seperti mencari-cari kelemahan program Presiden Jokowi. Meskipun Plate menilai sikap itu wajar karena Amien selama ini mengambil posisi oposisi terhadap pemerintahan Jokowi.

"Hanya berusaha mencari-cari kelemahan program kerja presiden. Wajar saja jika selalu mengambil posisi oposisi, hal yang baik pun dicari kelemahannya dan itu kurang sehat bagi rakyat dan bangsa Indonesia."

Sebelumnya, Amien menilai cara Jokowi dengan membagi-bagikan sertifikat itu masih belum bisa menuntaskan permasalahan soal kepemilikan lahan.

Hal ini disampaikan pendiri PAN tersebut dalam diskusi Bandung Informal Meeting dengan topik 'Kegagalan Negara Memberikan Rasa Aman Kepada Rakyat dan Bangsa, melanggar UUD 1945 pasal 28 G (1) dan Hak Asasi Manusia' di Hotel Savoy Homann Kota Bandung, Minggu, 18 Maret 2018.

"Ini pengibulan, waspada. Bagi-bagi sertifikat tanah sekian hektare, tetapi ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu, seolah dibiarkan," kata Amien Rais. Baca selengkapnya Jokowi Rajin Bagi-bagi Sertifikat, Amien Rais: Pengibulan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya