Jokowi Bukan Lagi Cium Pria Lho, Tapi Sedang Hongi

Presiden Joko Widodo melakukan hongi dengan tetua Suku Maori.
Sumber :
  • Staf Kepresidenan

VIVA – Ada sebuah kejadian unik terjadi ketika Presiden Joko Widodo dan rombongan melakukan kunjungan kenegaraan ke Selandia Baru, Senin, 19 Maret 2018.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Kejadian itu berlangsung saat Jokowi dan rombongan baru saja tiba di Gedung Pemerintah di Wellington.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi diperkenalkan dengan Kaumatua, Piri Sciascia. Untuk diketahui Kaumatua merupakan sebutan untuk tetua atau tokoh yang dituakan di Suku Maori. Suku dari penduduk asli Selandia Baru.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Namun, cara Kaumatua berkenalan jauh berbeda dengan cara berkenalan orang Indonesia. Sebab, di sana perkenalan dilakukan dengan cara saling bersentuhan hidung atau disebut dengan Hongi. Dan, Presiden Jokowi melakukan prosesi perkenalan ala Suku Maori itu.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Momen Presiden saling bersentuhan hidung itu diabadikan dalam foto dan diunggah Kantor Staf Kepresidenan di akun Twitter resminya.

Dalam foto itu terlihat Presiden Jokowi cukup kikuk melakukan perkenalan dengan cara menyentuhkan hidungnya ke hidung tetua Suku Maori.

Tampak Presiden Jokowi berusaha menahan badannya agar tidak terlalu condong ke depan saat hidungnya menyentuh hidung Tetua Suku Maori.

Jokowi juga terlihat tetap membuka kedua matanya meski Tetua Suku Maori tampak memejamkan mata.

Hongi dilakukan di halaman Gedung Pemerintahan. Presiden Jokowi dan ibu negara, Iriana Joko Widodo terlihat tak henti-henti tersenyum dengan penyambutan hangat dari pemerintah Selandia Baru itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya