Bandung Waspada Banjir Bandang Susulan, Warga Diminta Siaga

Banjir Bandang di Bandung.
Sumber :
  • Adi Suparman/VIVA.co.id

VIVA – Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, meminta warga yang dekat kawasan sungai dan bibir kali untuk mewaspadai banjir susulan.

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Hal tersebut terkait banjir bandang pada Selasa 20 Maret 2018 di Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat yang membawa endapan lumpur akibat luapan sungai Cipamokolan dan Cicabe.

"Waspadai, ini berkaitan dengan info dari BMKG terkait faktor cuaca. Hal lain yang perlu diwaspadai terutama masyarakat di sekitar kali karena ada beberapa titik retakan struktur pada rumah, bangunan akibat banjir lalu," ujar Ferdi dalam keterangannya, Kamis 21 Maret 2018.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Bahkan, Ferdi menilai, akibat banjir lalu, sepanjang kali dan sungai ada yang mengalami retakan struktur tanah. "Bahkan, beberapa titik tanggul yang jebol masih rentan kembali rusak," ujarnya.

Pihaknya berharap warga sekitar bibir kali dan sungai untuk bersiaga pindah ke lokasi yang aman dari luapan. "Jika intensitas hujan besar disertai meluap sungai, untuk menjauh. Hindari menonton atau melihat luapan arus," katanya.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Tidak hanya itu, berkaca pada banjir bandang sebelumnya yang juga mengakibatkan puluhan kendaraan terbawa arus hingga hancur, dia meminta agar kendaraan segera dievakuasi. "Simpan kendaraan di titik yang lebih aman ketika hujan deras," lanjut Ferdi. (ren)


 

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024