Pencari Suaka Tewas Gantung Diri

Ilustrasi bunuh diri.
Sumber :

VIVA – Seorang imigran pencari suaka asal Afghanistan, Hayatullah (22), nekat bunuh diri di lokasi penampungan imigran di Wisma YPAP, Jalan Bunga Cempaka, Kota Medan, Sumatra Utara.

Kata Kapolri soal Kasus Brigadir Ridhal Ali yang Tewas Bunuh Diri

Hal itu diketahui saat ratusan imigran pencari suaka korban konflik melakukan aksi unjuk rasa di lokasi penampungan tersebut, Kamis sore, 22 Maret 2018. 

Kejadian itu langsung ditangani pihak kepolisian dan Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara.

Isu Setoran Rp10 Juta Agar Brigadir Ridhal Ali jadi Ajudan Pengusaha, Ini Kata Polda Sulut

Pengungsi asal Afghanistan, Juma Mohsini mengatakan, Hayatullah bunuh diri dengan menggunakan tali dililitkan di leher dan disambungkan ke tiang di lokasi pengungsian tersebut. Penyebabnya diduga kuat depresi karena tidak ada kejelasan kapan akan dikirim ke negara ketiga.

"Kabar dari UNHCR buat dia (Hayatullah) kecewa. Bulan (Febuari) lalu dia bunuh diri," ujar Juma. 

Brigadir Ridhal Ali jadi Ajudan Pengusaha Tanpa Izin, Kombes Julianto Diperiksa Propam

Dengan kejadian itu, ia mengharapkan kepastian International Organization for Migration (IOM) dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) agar mereka diberangkatkan ke negara ketiga, agar bisa hidup normal dan bekerja seperti biasa.

Sementara itu, Humas Kanwil Kemenkumham Sumut, Josua Ginting membenarkan, kasus  bunuh diri imigran pencari suaka tersebut. Namun sudah diproses sesuai dengan prosedur yang ada. "Iya benar ada, sudah dikubur. Diduga stres makanya nekat bunuh diri," kata Josua saat dikonfirmasi VIVA. (ase)

Brigadir Ridhal Ali semasa bertugas di Satlantas Polresta Manado. (Foto: ISTIMEWA).

Brigadir Ridhal Ali Diduga Setor ke Kapolres, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Kasus kematian anggota polisi yang bunuh diri dengan cara menembakan diri di dalam mobil itu masih menjadi yang terpopuler di laman News VIVA, Rabu, 1 Mei 2024

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024