Danjen Diganti, Sniper Kopassus Unjuk Gigi

Serah terima jabatan Danjen Kopassus
Sumber :
  • VIVA/Bayu Januar

VIVA – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar acara penyerahan satuan Kopassus dari Mayjen TNI Madsuni kepada Mayjen TNI Eko Margiyono. Acara ini digelar di lapangan Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat 23 Maret 2018, pukul 09.00 WIB.

Menguak Rahasia di Balik Kehebatan Kopassus yang Disegani di Dunia

Pantauan VIVA, acara diawali oleh atraksi penembakan sniper terhadap dua buah boneka dengan diiringi oleh beberapa kendaraan roda dua dan roda empat. Tak lama para pasukan masuk secara bersama dan berbaris di lapangan.

Mayjen TNI Madsuni dan Danjen Kopassus yang baru Mayjen TNI Eko Margiyono memasuki lapangan upacara. Kedua perwira tinggi TNI AD itu langsung berada di podium yang berada di depan pasukan.

Baru 115 Hari Kembali ke Kostrad, Jenderal Darah Kopassus TNI Ini Digeser ke Lemhanas

Setelah itu, pasukan Kopassus melakukan sejumlah atraksi mulai dari terjun payung, bela diri, hingga defile kendaraan taktis yang dimiliki Kopassus.

Sejumlah atraksi dan kemampuan anggota Kopassus ini sontak menjadi perhatian warga. Para warga antusias menyaksikan dari luar tempat acara.

5 Negara yang Masih Terapkan Wajib Militer: Kehormatan, Kewajiban, atau Pelanggaran HAM?

Aksi terjun payung prajurit Kopassus

Atraksi terjung payung Kopassus

Dalam amanatnya, mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh anggota Kopassus yang memberikan dukungannya selama kurang lebih 1,5 tahun memimpin pasukan elit TNI AD itu.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh baret merah dan mitra Kopassus yang banyak memberikan bantuan dukungan dan kerjasamanya kepada Kopassus, hingga Kopassus dapat mencapai kemajuan dan sejahtera," ujar Madsuni.

Sementara itu, Danjen Kopassus Mayjen TNI Margiyono mengatakan akan melanjutkan apa yang sudah dicapai Mayjen Madsuni dalam memimpin Kopassus.

"Pada kesempatan baik ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada sesepuh Kopassus dan segenap tamu. Kita ketahui banyak gagasan yang diberikan dalam rangka memajukan Kopassus, ide, dan pemikiran baru yang menjadi patut pemikiran seperti hidup kembali pertempuran hutan, pertempuran perkotaan, rekor Muri, serta berhasil menjadi juara lomba tembak pada tahun 2017," kata Eko.

Seperti diketahui, Eko Margiyono merupakan lulusan Akademi Militer 1986 dari kesatuan Infeanteri (kopassus). Dalam perjalanan kariernya, Eko pernah menjabat sejumlah jabatan penting, diantaranya Wakil Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Waasops Kasad) pada 2015, dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya pada 16 Maret 2017. Pada tahun 2010, Eko merupakan Komandan Group A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Dalam acara tersebut dihadir sejumlah tokoh seperti Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan hingga mantan Danjen Kopassus seperti Agum Gumelar dan mantan Danjen Kopassus lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya