Pemerintah Tak Ikut Campur Penentuan Tarif Ojek Online

Pengemudi ojek online saat demo di depan Istana Merdeka, Jakarta.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Perhubungan menegaskan, polemik penentuan tarif bawah bagi ojek online akan dimusyawarahkan oleh perusahaan aplikasi.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Saat ini, dua perusahaan aplikasi yakni Gojek dan Grab tengah berunding menetapkan tarif yang pantas, walaupun dalam kesempatan sebelumnya pemerintah sempat mengusulkan tarif bawah bagi ojek online Rp2.000 per kilometer.

"Mengenai jumlah tarif yang memadai, pemerintah tidak akan masuk dalam perundingan," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers di kantornya Jalan Medan Merdeka Barat, Senin 2 April 2018.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Budi menyatakan, hingga kini ojek online belum masuk dalam kategori transportasi umum seperti yang tertuang atau diatur dalam undang-undang. Hanya saja, Budi menyatakan, terkait aturan yang mengikat perihal keselamatan hal itu wajib dilaksanakan.

"Kami tunggu Grab dan Gojek memberikan suatu keputusan. Hari ini belum ada announcement (keputusan) dari keduanya,” ujarnya.

GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

Sebelumnya Budi menyampaikan, tarif untuk ojek online sebesar Rp2.000 per Kilometer (Km) setelah didasari pertimbangan dari hitung - hitungan terkait keuntungan dan biaya jasa. Patokan tarif ini bisa dijadikan modal bagi perusahaan aplikasi ojek online secara internal melakukan perhitungan dan segera mengambil keputusan.

"Kemenhub memiliki perhitungan harga tarif pokok ojek online sekitar Rp1.400-1.500. Dengan keuntungan dan jasanya sehingga tarifnya menjadi Rp2.000. Namun Rp2.000 itu harus bersih, jangan dipotong menjadi Rp1.600 atau berapa," kata Budi.  (mus)

Motor listrik RAKA Motors

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Desainnya sepintas memiliki kemiripan dengan skuter matik buatan merek asal Jepang,

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024