Ketua DPR Sindir Kemenag Soal Terlantarnya Jemaah Umrah

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menyampaikan pidato
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Ketua DPR Bambang Soesatyo, menyindir Kementerian Agama terkait jemaah umrah dari Sumatera Barat, yang terlantar di Kuala Lumpur Malaysia. Jumlah jemaah yang tertinggal tercatat mencapai ratusan orang.

Momen Menegangkan Anang Hermansyah dan Keluarga Terjebak Banjir di Dubai

Politisi Partai Golkar ini pun meminta Komisi VIII DPR mendorong Kemenag segera menugaskan tim khusus untuk segera mengusut serta mencari solusi. Sebab tak seharusnya ada ratusan calon jemaah terlantar di negeri orang.

"Saya meminta Komisi VIII DPR mendorong Kemenag berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk segera melakukan upaya pemulangan para calon jemaah umrah yang tertahan di Malaysia," kata Bambang, dalam siaran persnya, Selasa 3 April 2018.

5 Potret Cantik Rebecca Klopper Pakai Kerudung Syari di Tanah Suci

Dia juga meminta Komisi VIII DPR mendorong Kemenag untuk segera membuat data biro perjalanan umrah dan haji secara digital. Hal itu untuk memudahkan kontrol terhadap kegiatan dan pengelolaan biro perjalanan haji.

Menurutnya, data demikian mencakup masalah perizinan khusus dan jadwal pelaksanaan kegiatan. Serta kuota yang diberikan oleh Kemenag kepada biro perjalanan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama nomor 8 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah.

Haru, Anggi Pratama Kenang Momen Umrah dengan Stevie Agnecya

Selain itu, mantan ketua Komisi III itu juga mendorong agar Kemenag segera membuka layanan aduan terkait masalah serupa. Mengingat banyaknya kasus yang merugikan calon jemaah akibat pengelolaan biro perjalanan haji dan umrah yang buruk.

"Tentu saja jangan pernah beri kembali izin kepada mereka untuk beroperasi," lanjutnya.

Pegawai Celine Evangelista

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

Penata rias profesional itu pun tak lupa mendoakan Celine Evangelista agar senantiasa diberikan kesehatan dan kelimpahan rezeki.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024