Bakal Ada Tsunami 57 Meter di Pandeglang, Ini Penyebabnya

Ilustrasi/Alat pendeteksi tsunami
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Deputi Kepala Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT, Unggul Priyanto mengatakan, ada beberapa penyebab tsunami 57 meter yang diprediksi bakal terjadi di Pandenglang, Banten.

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Bayah Banten

Munculnya tsunami 57 meter tersebut, merupakan analisa yang telah dilakukan berdasarkan ilmiah. Namun, itu masih bersifat prediksi awal untuk keperluan antisipasi.

“Gempa yang berpotensi tsunami, akan terjadi apabila Selatan Jawa Barat, Selat Sunda, dan Enggano terjadi gempa dengan skala tinggi di saat bersamaan,” kata Unggul, saat wawancara di tvOne, Rabu 4 April 2018.

10 Badai Paling Merusak dalam Sejarah, Ada yang Menyebabkan 2.000 Orang Tewas

Unggul mengatakan, biasanya sangat jarang terjadi gempa di saat bersamaan, dan potensi gempa tidak dapat dipastikan. Sementara itu, tsunami terjadi apabila potensi gempa sudah maksimum.

Unggul menjelaskan, angka 57 meter itu muncul pada simulasi yang dilakukan secara ilmiah. Pemodelan dalam simulasi ini menggunakan data yang bersumber dari kajian ilmiah.

Gempa Bumi Kembali Landa Jepang, Kali Ini Tidak Ada Peringatan Tsunami

“Gempa paling sulit diprediksi, tidak selalu sebesar itu, dan tidak tahu kapan terjadi. Masyarakat hanya diperlukan waspada,” kata Unggul.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

BMKG Ungkap 12 Fakta tentang Gempa Bawean, Masyarakat Diminta Waspada Nomor 6 dan 8

BMKG mengungkap adanya 12 fakta mengenai gempa yang terjadi di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Jawa Timur, Jumat, yang berkekuatan magnitudo 5,9 dan 6,5.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024