Tinjau Tol Trans Jawa, Polri Yakin Macet Brexit akan Terurai

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa meninjau Tol Trans Jawa
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa meninjau jalur Tol Trans Jawa untuk persiapan arus mudik Lebaran 2018. Dia optimis, kemacetan parah di gerbang tol Brebes Exit atau Brexit akan berkurang pada arus mudik nanti.

Naik Mobil Jakarta-Surabaya, Ini Kisaran Tarif Tolnya

Royke mengatakan, penumpukan volume kendaraan di pintu keluar Tol Brebes akan terurai dengan adanya tol baru Batang-Semarang. Tol sepanjang 74 kilometer itu diprediksi dapat digunakan secara fungsional.

"Saya pikir Brexit berkurang (kemacetannya) karena tolnya sudah panjang. Sudah sampai Krapyak atau Manyaran Semarang. Sehingga dia mengalir sampai ke Semarang," ujar Royke saat meninjau pembangunan Tol Semarang-Batang, Kamis 5 Maret 2018.

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Menurut Royke, sejauh ini proses pembangunan terbilang lancar. Hanya saja memang masih ada beberapa titik yang krusial karena ada masjid dan pemakaman di jalur tol yang belum dipindahkan.

"Kuburan sudah dibayarkan, cuma mereka masih menunggu hari baik untuk relokasi. Begitu juga masjid, sudah dibuatkan di area lain, tunggu selesai baru dibongkar yang lama," kata dia.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Bukan hanya itu, berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, masih ada beberapa titik jalur Tol Semarang-Batang yang belum dibeton. Beberapa spot tersebut masih berupa tanah yang tengah diratakan dan dipadatkan.

Walaupun begitu, Royke optimis H-10 mudik lebaran atau sekitar tanggal 4-6 Juni 2018 jalur tersebut sudah bisa digunakan meskipun masih sebatas tol fungsional.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto mengatakan, pihaknya berusaha menyelesaikan minimal satu jalur sebelum lebaran. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait impor beberapa material dari Eropa.

PT JSB, lanjut Arie, memiliki waktu sekitar 60 hari agar tol Semarang-Batang bisa dilalui pemudik meski masih fungsional. Dengan waktu pengerjaan rata-rata 10 hingga 15 jam per hari, dia optimis tol baru itu mampu mengurangi kemacetan di Brexit.

"Prioritas satu jalur dulu. Satu jalur udah sempurna lah untuk tol, tapi masih fungsional untuk warga gunakan gratis. Mudah-mudahan bisa tercapai apa yang ditargetkan," ucap Arie.

Irjen Royke Lumowa dan tim Korlantas Polri meninjau jalur Tol Trans Jawa untuk arus mudik Lebaran 2018. Peninjauan dimulai dari Surabaya dan masuk ke Tol Jombang-Mojokerto pada Rabu 4 April 2018 kemarin.

Royke bahkan mencoba beberapa tol baru tersebut dengan mengendarai motor gede. Pengecekan jalur mudik ini dilanjutkan ke wilayah Jawa Tengah dan akan berakhir hingga ke Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya