100 Desa Jadi Target Pemerintah Berantas 'Stunting'

Presiden Jokowi menerima anak-anak penderita kanker di Istana Bogor
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa upaya pemberantasan 'stunting' mula-mula akan dilakukan melalui 100 desa di seluruh Indonesia. Desa-desa itu memiliki angka ‘stunting’ yang tercatat tinggi.

Cara IDSurvey Dukung Penurunan Angka Stunting Anak Indonesia

‘Stunting’ adalah kondisi di mana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari standar usianya.

Pemerintah melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) nantinya akan mendistribusikan paket makanan bergizi bagi ibu hamil, serta balita.

Banyak Anak Konsumsi Makanan Kurang Bergizi, Ahli Sarankan Ibu Masak Sesuai Selera Buah Hati

"Tahun ini kita akan fokus kepada desa-desa yang sudah kita tentukan, kabupaten yang sudah kita tentukan," ujar Jokowi usai bertemu anak-anak penderita kanker di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, 6 April 2018.
 
Jokowi menyampaikan, ada peningkatan dari program serupa yang sudah dicanangkan sejak tiga tahun lalu. Sebelumnya, pemerintah hanya menyediakan biskuit padat gizi untuk dikonsumsi ibu hamil dan balita.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan bahwa jenis makanan akan diperluas, sehingga kecukupan gizi mereka menjadi lebih terjamin.

Peran MPASI dalam Cegah Stunting, Perhatikan Gizi Ini

"Nanti akan kerja sama dengan PKK, Posyandu, untuk pemberian makanan tambahan, baik berupa telur, makanan lokal, ikan, kacang hijau, kemudian susu," ujar Jokowi.

Mencegah stunting.

20 Negara dengan Tingkat Stunting Tertinggi di Dunia, Indonesia Bersyukur

Negara-negara di Asia yang memiliki tingkat stunting tertinggi menarik perhatian. Pada 2016, masalah kekurangan gizi seperti stunting, wasting, dan underweight.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024