TNI AU Siapkan Markas Baru Siap Tempur

Pesawat tempur milik TNI AU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyatakan, TNI AU akan membuat Komando Operasi Angkatan Udara (Koops AU) III di wilayah Indonesia Timur, yaitu Biak.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Pembentukan Koops AU baru itu, lanjut Yuyu, dalam rangka memperkuat pertahanan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Karena wilayah timur kan cukup luas, maka kami tambah satu Koops AU, mudah-mudahan prosesnya tidak terlalu lama lagi untuk segera dibentuk," kata Yuyu Sutisna usai Upacara HUT TNI AU di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin 9 April 2018.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

Ia menambahkan, persiapan pembentukan Koops AU baru di Biak itu sudah berjalan. Biak dipilih sebagai Koops AU baru karena fasilitas infrastrukturnya sudah tersedia. "Sehingga kami tidak harus mengeluarkan anggaran terlalu banyak lagi," ujarnya.

Ia menambahkan, penambahan Koops AU di wilayah timur Indonesia itu, nantinya TNI AU akan membentuk satu Skuadron Tempur dan satu skuadron Angkut. Ia menegaskan, Skuadron Tempur dan Skuadron Angkut yang akan ditempatkan di Biak nanti bukanlah pindahan dari Koops di Wilayah Barat dan Wilayah Tengah.

Menko Polhukam Minta KSAU Siapkan Alutsista untuk Modifikasi Cuaca dampak La Nina

"Jadi kami akan bentuk baru satu Skuadron Tempur dan Skuadron Angkut, tidak memindahkan dari Wilayah Barat dan Tengah. Kami sudah usulkan itu kepada panglima TNI, dan sedang proses, jadi kami tinggal tunggu perintah atau keputusan dari atas saja," kata dia.

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin Sertijab Pangkogabwilhan II

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Marsda TNI M. Khairil Lubis dilantik menggantikan Marsekal TNI Tonny Harjono yang saat ini menjabat KSAU

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024