Novanto Temui Wartawan di Gedung DPR Sebelum Kecelakaan

Mantan wartawan Hilman Mattauch diperiksa sebagai saksi kasus Novanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto sempat berada di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, beberapa menit sebelum mengalami kecelakaan pada 16 November 2017 lalu. Dia kembali ke ruang untuk temui wartawan Metro TV, Hilman Mattauch.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Hal itu diakui Hilman saat bersaksi untuk terdakwa dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo di di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin, 9 April 2018.

"Sebenarnya, dari tanggal 15 November saya ditugaskan kantor untuk mencari Setya Novanto," kata Hilman.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Menurut Hilman, setelah dapat perintah dari koordinator peliputan, Ia berdalih berupaya mencari Setya Novanto di rumah pribadi di Wijaya Kebayoran Baru. Kemudian, ia juga  mencari ke rumah dinas di Kompleks Widya Chandra, dan Kantor DPP Partai Golkar.

Hilman mengaku selalu berusaha menghubungi Setya Novanto melalui ajudan dan staf pribadinya. Tapi, menurutnya, ajudan Setya Novanto, Reza Pahlevi baru mengangkat teleponnya pada 16 November 2017, atau tepatnya sekitar pukul 17.00.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Waktu itu, dia (Novanto) bilang ke saya, ya sudah ke DPR RI saja. Terus saya ke DPR RI," kata Hilman.

Setelah itu, menurut Hilman, dia tiba lebih dulu di ruang kerja Setya Novanto di Lantai III Gedung DPR. Tak berapa lama, Novanto dan ajudannya tiba di ruang kerja untuk menemui Hilman.

"Saya ceritakan sisi buruknya. Kan dia dibilang kabur, jadi Pak Nov sebaiknya beri klarifikasi. Saya minta wawancara beliau," kata Hilman.

Kecelakaan

Sementara itu, ketika terjadinya kecelakaan di kawasan Permata Hijau, Hilman Mattauch mengaku berada di dalam mobil yang sama ketika Ketua DPR Setya Novanto mengalami kecelakaan pada 16 November 2017 lalu.

Menurut Hilman, mobil yang digunakan saat itu adalah kendaraan miliknya. Ia pun yang mengemudikan mobil saat kecelakaan terjadi.

Kepada majelis hakim, Hilman pun bercerita seusai mobilnya menabrak lampu penerangan jalan, ajudan Novanto yakni Reza Pahlevi yang duduk di kursi depan langsung bergegas memeriksa kondisi Novanto yang duduk di kursi belakang.

"Reza marah-marah sama saya. Saya tidak bisa ke luar karena sebelah kanan saya itu ada kali. Setya Novanto langsung dibopong Reza ke arah lampu merah," kata Hilman.

Pasca kecelakaan, Ia melihat Novanto cuma terlihat menundukkan kepalanya. Hilman tidak dapat memastikan apakah Novanto terluka akibat peristiwa itu.

Tak berapa lama kemudian, kata Hilman, Reza kembali ke mobil dan mengambil barangnya yang tertinggal. Setelah itu, Reza kembali berjalan kaki menuju lampu merah yang tak jauh dari lokasi.

Saat itu, Hilman dalih tidak mengetahui lagi keberadaan Novanto. "Saya melihat dia (Reza) sendiri yang mulia membopong, agak digendong. Novanto dibawa ke arah lampu merah," kata Hilman.?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya