Walikota Hendi, Kampanyekan Gemar Makan Ikan

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi
Sumber :

VIVA – Jarangnya kebiasaan masyarakat bersantap olahan ikan mungkin terdengar sepele, tapi tidak bagi Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Baginya, olahan ikan penting untuk rutin disantap karena memiliki kandungan gizi dan protein yang luar biasa.

Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

Dengan tingginya kandungan gizi dan protein tersebutlah, Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang tersebut,  percaya dapat membentuk masyarakat yang lebih sehat, apalagi dengan harganya yang lebih terjangkau dibanding daging sapi.

Untuk itulah, Hendi merasa perlu untuk mengkampanyekan 'Gemar Makan Ikan' agar masyarakat Kota Semarang dapat lebih ramah dalam mengkonsumsi ikan dibanding ayam dan sapi. Dan pesan kampanye 'Gemar Maka Ikan' tersebut diwujudkan dalam sebuah Lomba Masak Ikan yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke 471 Kota Semarang, di Hall Balaikota, Selasa 10 April 2018.

Pemkot Semarang Bakal Ubah Taman Tegalsari Jadi Taman Pasif untuk Percantik Kota

“Salah satu program Pemerintah untuk mendorong masyarakat supaya gemar makan ikan. terlebih ikan juga mempunyai banyak manfaat untuk menjadi lebih sehat terutama bagi orang yang terkena sakit jantung, kolesterol dan diabetes. Sehingga dengan lomba masak ikan ini warga masyarakat akan lebih terpatri di dalam hatinya dan kemudian akan sering makan ikan,” ujar Hendi.

Lebih lanjut, Hendi mengatakan jika kampanye 'Gemar Makan Ikan' ini berhasil, maka dapat berdampak positif terhadap permasalahan gizi masyarakat.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Menurut Hendi, berita akhir-akhir ini menyebutkan anak kekurangan gizi, padahal Indonesia khususnya se-Kota Semarang kaya dengan sumber daya alam yang melimpah mulai laut dengan ikannya,” kata pria yang juga merupakan politisi PDI Perjuangan tersebut.  

“Ini karena tidak semuanya mengenal kandungan gizi ikan, maka kita perlu bergerak bersama untuk meng-kampanyekan makan ikan, dengan tujuan masyarakat menggeser pola konsumsinya ke ikan,” tambahnya.

Sementara Ketua Penyelenggara Lomba, I Made Gusti Agung menambahkan selain lomba masak ikan dalam kesempatan ini di adakan beberapa kegiatan acara kampanye gemar ikan, bakti sosial berupa pembagian ikan gratis sebanyak 250 bungkus yang dibagikan masyarakat sekitar Balaikota Semarang dan bazar produk olahan hasil perikanan hasil binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Semarang.

Adapun tema ikan yang dipilih tahun ini adalah ikan lele yang di sajikan dalam bentuk variasi makanan bebas. Peserta berasal dari TP PKK 16 Kecamatan se-Kota Semarang, di mana masing-masing peserta di wakili oleh dua orang peserta.

Pemenang lomba di pilih 5 kategori, yakni juara I, juara II dan Juara III, di tambah dengan berbakat I dan berbakat II. Adapun juara I di menangkan oleh TP PKK Kec. Semarang Utara, disusul dengan juara II dan III dari TP PKK Kec. Candisari, dan TP PKK Kec. Ngaliyan. Berbakat I diberikan kepada TP PKK Kec. Tugu, sementara berbakat II diberikan kepada Tp PKK Kec. Banyumanik. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya