Gunung Agung Erupsi Lagi, Abu Membumbung 500 Meter

Sejumlah warga menyaksikan asap disertai abu vulkanis keluar dari kawah Gunung Agung yang masih berstatus awas, di Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Desa Rendang, Karangasem, Bali, Sabtu (9/12).
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG melaporkan bahwa Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, erupsi lagi pada pukul 09.04 Wita, Rabu 11 April 2018. Tinggi kolam abu mencapai 500 meter.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Sebagaimana disampaikan Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana, Gunung Agung masih berada pada level III, atau siaga.

PVMBG merekomendasikan, agar masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan, agar tidak berada dan tak melakukan pendakian, serta tidak beraktivitas apapun di zona perkiraan bahaya, yaitu di seluruh area di radius empat kilometer dari kawah puncak Gunung.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi, serta dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

PVMBG juga merekomendasikan agar masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Lahar itu dapat terjadi, terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Areal landasan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024