KPK Sedang Usut Korupsi di PT Pertamina

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang (kiri).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha.

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi sedang menelusuri indikasi korupsi di PT Pertamina. Indikasi dugaan korupsi yang sedang ditelisik itu, terkait investasi Pertamina di luar negeri.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengakui, ada pengusutan kasus Pertamina. Namun, ia belum dapat merincikan saat ini.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Intinya, KPK mengikuti perkembangan penanganan kasus investasi Pertamina di luar negeri di masa lalu," kata Saut, Kamis 12 April 2018.

Dia mengatakan hal itu, sekaligus merespons pernyataan Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo yang beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa pihaknya sedang menangani kasus dugaan korupsi pembelian saham perusahaan pengelola Blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia tahun 2009, dan akan berkoordinasi dengan KPK. Sebab, KPK juga sedang menangani kasus investasi PT Pertamina yang mirip yang ditangani Kejagung.

Saut membenarkan adanya penyelidikan kasus tersebut. Bahkan, kata dia, KPK sejak awal sudah koordinasi dengan Kejagung RI.

"Saya enggak boleh nyebut dulu (secara rinci), karena ada prosesnya. Yang jelas, memang dari awal ada koordinasi itu, untuk (kasus dugaan korupsi investasi) Pertamina (di luar negeri) kan," kata Saut. (asp)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024