Dipanggil Bareskrim, Facebook Minta Waktu Kumpulkan Data

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Penyidik Badan Reserse Kriminal Polri akan memanggil pimpinan Facebook Indonesia terkait kebocoran data penggunanya. Namun, pihak Facebook minta waktu untuk mengumpulkan data.

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

"Facebook sudah dihubungi, kemudian beliau sudah menghubungi Pak Direktur Cyber dan meminta waktu untuk mengumpulkan data-data terlebih dahulu," kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 12 April 2018.

Setyo memastikn, pihak Facebook Indonesia akan hadir memberikan keterangan pada polisi pada pekan depan. "Perwakilan di Indonesia (yang hadir)," ujar Setyo.

Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersurat ke Bareskrim Mabes Polri terkait kebocoran data pengguna Facebook. Kebocoran jutaan data Facebook asal Indonesia terkait skandal yang melibatkan lembaga konsultan politik Cambridge Analytica. Di seluruh dunia, diperkirakan sekitar 87 juta data Facebook bocor. Dikhawatirkan, data pengguna Indonesia turut bocor dan digunakan untuk kepentingan tertentu.

Bila terbukti bersalah, Facebook bisa dikenai Pasal 30 UU ITE. Pasal itu mengatur tentang akses ilegal. Pasal tersebut menyatakan seseorang yang sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan atau sistem elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem keamanan, diancam pindana hingga delapan tahun. (ren)
 

Instagram dan Facebook Down, Warganet Tak Bisa Login ke Akun
Ilustrasi pengguna Facebook.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Facebook dan Instagram Meta tampaknya mengalami masalah teknis yang meluas pada hari Selasa, 5 Maret 2024 dengan ribuan pengguna mengalami kegagalan saat mengakses medsos

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024