Jokowi Diangkat Jadi Panglima Perang Suku Asmat

Presiden Joko Widodo mengunjungi Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, Papua
Sumber :

VIVA – Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, Papua, Kamis 12 April 2018. Presiden yang didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi dan sejumlah menteri mengendarai sepeda motor berkeliling Agats untuk menyapa masyarakat, serta meninjau sejumlah fasilitas umum yang dibangun pasca terjadinya kejadian luar biasa penyakit campak.

Ibu Terpidana Mati Kasus Narkoba Mary Jane Mohon Jokowi Bebaskan Putrinya

Sebelumnya, Jokowi lebih dulu mengunjungi Jayapura untuk meresmikan jembatan Holtekamp. Selanjutnya, Presiden dan rombongan menggunakan pesawat Kepresidenan menuju Timika. Dari Timika, rombongan Presiden kemudian menuju Agats, Asmat dengan helikopter.

Tiba di Helipad Pelabuhan Agats, Presiden disambut oleh Bupati Asmat, Elisa Kambu serta masyarakat dengan tari-tarian adat Asmat. Presiden lalu diangkat menjadi Panglima Perang masyarakat Adat Asmat, dengan memberikan tongkat panglima.

Jokowi Bertolak ke Riyadh Hadiri KTT OKI Bahas Situasi Gaza, Lanjut ke AS Temui Joe Biden

Presiden Joko Widodo mengunjungi Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, Papua

Presiden Jokowi menerima tongkat Panglima Perang Suku Asmat

Tak Cuma Baliho Ganjar-Mahfud, Satpol PP Bali Copot Semua Atribut di Lokasi Kunjungan Jokowi

Presiden dan rombongan lanjut menuju Gedung Wiyata Mandala dengan konvoi sepeda motor. Di sepanjang jalan Kota Agats yang kondisinya berada di atas lumpur, Presiden menyapa masyarakat.

Di Gedung Wiyata Mandala, Presiden kemudian menyapa dan berbincang dengan ibu-ibu hamil dan menyusui serta para balita. Presiden juga sempat menggendong dan memberi makan anak balita suku Asmat.

Kepada wartawan, Presiden mengatakan bahwa program kesehatan, pendidikan, merupakan hal mendasar yang terus-menerus menjadi perhatian pemerintah di Papua. "Selain infrastruktur untuk membuka keterisolasian Papua, kesehatan juga menjadi program utama," ujar Presiden.

Program kesehatan di Asmat, seperti untuk ibu-ibu hamil dan menyusui hingga 3 tahun diberikan makanan bergizi serta penuh nutrisi, agar anak-anak Papua sehat. "Masa pertumbuhan anak dari sejak dalam kandungan hingga 3 tahun akan menjadi perhatian pemerintah," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo mengunjungi Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, Papua

Di bidang infrastruktur, pemerintah bertekad membuka keterisolasian Papua, termasuk penyediaan jalan menuju Asmat. Sebab, kata Jokowi, cara membuka keterisolasian ini melalui pembangunan Jalan Trans Papua, sehingga harga bahan pokok di Papua bisa ditekan.

"Sehingga masyarakat secara perlahan akan semakin sejahtera," terang Jokowi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan meninjau pembangunan penampungan air bersih dan rumah sehat di Kampung Kayei. Presiden juga meninjau pembangunan rumah sehat dengan menggunakan speedboat.

Presiden menyempatkan untuk membagi-bagikan buku kepada anak-anak Papua, yang disambut antusias anak-anak. Selanjutnya, Presiden kembali ke Pelabuhan Agats, untuk kemudian terbang kembali ke Timika dengan helikopter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya