Tepis Jadi Inisiator, Novanto Menyesal Ikut Pertemuan E-KTP

Terdakwa kasus korupsi pengadaan KTP elektronik, Setya Novanto (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto membantah sebagai inisiator pertemuan untuk menggolkan anggaran proyek e-KTP. Hal itu dikemukakan mantan Ketua DPR tersebut saat membacakan nota pembelaan atau pledoi pribadinya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat, 13 April 2018.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Dia menepis tudingan jaksa KPK yang mengatakan, pertemuan Setya Novanto dengan sejumlah pihak di Hotel Grand Melia, Jakarta Selatan, adalah awal mula kesepakatan penggiringan anggaran proyek senilai Rp5,8 triliun tersebut. 

"Saya tidak pernah menjadi inisiator pertemuan di Hotel Grand Melia yang akhirnya menyeret saya terlibat jauh dalam kasus e-KTP," kata Novanto.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Novanto mengakui sempat ditemui oleh pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong bersama dua pejabat Kemendagri saat itu, yakni Irman dan Diah Anggraeni.

"Pada pertemuan ini juga pertama kalinya saya kenal dengan Irman yang pada pokoknya minta dukungan dalam proses pembahasan e-KTP di Komisi II DPR," kata Novanto.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Novanto mengakui, pertemuan ini merupakan ketidakhati-hatian dia sehingga menyeretnya jauh ke dalam proyek e-KTP. Setelah pertemuan di Hotel Grand Melia, Novanto sempat ditemui Irman, Andi Narogong, dan beberapa pengusaha di antaranya dari Biomorf, Johannes Marliem. Namun dia mengklaim tak menindaklanjuti hasil sejumlah pertemuan tersebut.

Novanto menyesali telah melakukan pertemuan di Grand Melia.  "Apabila saya tidak bersedia ditemui Andi Agustinus, Irman, dan Diah Anggraeni di Hotel Grand Melia, mungkin saja saya tidak akan pernah terlibat jauh dalam e-KTP yang telah menyeret saya hingga kursi pesakitan ini," kata Novanto. (mus)
 

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024