Bikin Geger, Bangkai Orangutan Dikira Jasad Manusia

Jasad orangutan ditemukan terapung dalam kondisi membusuk.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Centre of Orangutan Protection

VIVA – Pengangkatan bangkai orangutan yang sempat dikira mayat manusia sempat membuat heboh warga Berau, Kalimantan Timur, Sabtu 14 April 2018.  Warga berkumpul dengan cepat untuk melihat proses evakuasi yang dilakukan polisi di Sungai Segah. Banyak juga pengguna jalan yang berhenti untuk melihat dari dekat proses ini.

Wagub Sumut Ajak Menpora Lihat Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser

Penemuan jasad ini memang sempat membuat kaget, karena jasad yang berada di sungai itu sudah dalam keadaan tidak dapat dikenali lagi. Sebagian tubuh dari jasad tersebut mulai rusak.

"Tapi setelah dilakukan pemeriksaan di rumah sakit, sosok jasad yang dikira mayat manusia itu dipastikan adalah jasad orangutan. Diperkirakan, orangutan ini terbawa air banjir yang terjadi di Hutan Merasa," kata Bambang, pegawai PDAM Kaltim, Sabtu 14 April 2018.

Bukit Lawang Orangutan Trail Resmi Terdaftar di Asosiasi Lari Dunia

Dari pemeriksaan, diketahui kalau jasad orangutan itu tergolong masih anak-anak. Diperkirakan sudah lebih dari sepekan jasadnya hanyut terbawa air banjir.

Bambang menjelaskan, awal penemuan jasad orangutan itu saat petugas PDAM melakukan pengecekan rutin. Bersamaan dengan itu, tercium bau yang menyengat. Saat diperiksa, ternyata mereka melihat sosok jasad yang dikira manusia.

Wagub Sumut dan Pangdam Ramaikan Bukit Lawang Orangutan Trail Run 2023

"Karena jelas kakinya, kita laporkan ke warga dan polisi," katanya.

Laporan: Sarno, Berau Kalimtan Timur.

Pelaku perdagangan orangutan saat diamankan Polda Sumut.

Orangutan Mau Dijual ke Luar Negeri, Polda Sumut Gagalkan

Polda Sumatera Utara berhasil mengungkap dan menggagalkan perdagangan dua Orangutan, yang berstatus satwa liar dilindungi.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2023