Bikin Ngakak, Keluhan Siswa SMA ke Soal Ujian Matematika

Suara millennial yang bikin ketawa soal UN Matematika
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Banyak peseta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA mengeluhkan sulitnya soal ujian matematika. Keluhan siswa-siswi membanjiri instagram @kemdikbudri, dan @pustektekkom_kemdikbud.

Komunitas Orang Papua di Yogyakarta Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Mereka mengeluhkan soal ujian yang justru belum pernah dipelajari di sekolah. Banyak siswa terjebak dengan kisi-kisi yang diperoleh dari guru mereka.

“Dan utk pertama kalinya kami semua satu ruang ujian melog-out di menit terakhir, dgn waktu yg cukup singkat dan soal yg cukup rumit ini seperti tidak adil, krn kami seperti memasak apa yg kami sendiri tidak pernah tahu bahannya,” kata akun ajengshwa@xcl.nt

Profil Andi Jerni, Atlet Karate yang Sentil Balik Omongan Megawati Soal Sumbangsih Generasi Milenial
Viral Lagi Video Megawati Remehkan Sumbangsih Generasi Milenial pada Negara, Disentil Atlet Karate


Dari apa yang terjadi, banyak celetukan peserta justru membuat kita tertawa. Memang pada tahun ini Kemdikbud memberlakukan soal yang membutuhkan daya nalar tingkat tinggi (high order thinking skills/HOTS). Masuknya soal HOTS bertujuan untuk  meningkatkan kualitas dari UN.

"Pak tadi saya ke sekolah niatnya mau ngerjain soal mtk, kok malah jadi soal mtk yang ngerjain saya?" kata akun @emilfhanif.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kemdikbud Muhamad Abduh menegaskan, bahwa soal yang diujikan untuk siswa telah sesuai dengan yang mereka pelajari sebelumnya.

"Dari perspektif kami, soal-soal itu yang diujikan sudah sesuai dengan kisi-kisi yang ditetapkan,"
kata Muhamad Abduh.

Akun Twitter @kemendikbud juga menyampaikan terima kasih atas masukan para peserta ujian. Mereka juga memohon maaf karena tidak dapat menjawab semua keluhan yang disampikan.

"Terimakasih kepada #sahabatdikbud yang sudah menyampaikan masukan, kritik, dan saran atas soal UN Matematika jenjang SMA. Mohon maaf, kami tidak bisa menjawab satu per satu. Tapi semua ini akan kami sampaikan ke Panitia UN Pusat. Tetap semangat," ujar akun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya