Keren! Tank Bikinan Pindad Dilirik Banyak Negara

Ilustrasi tank buatan PT Pindad
Sumber :
  • VIVA/Mega Dwi

VIVA – Medium tank yang dibuat PT Pindad ternyata dilirik beberapa negara. Beberapa negara tertarik untuk memakai produk buatan Pindad yang pertama ditampilkan pada HUT TNI ke-72.

Terungkap! Ini Alasan Anggota KKB Papua Bisa Pakai Senjata Api Buatan Pindad

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Ade Bagja mengatakan, peminat medium tank  buatan Pindad bukan hanya negara yang tergabung dalam ASEAN, ada juga negara di luar ASEAN yang tertarik. Tapi, ia mengaku belum bisa merinci negara-negara yang dimaksud.

"Mereka sudah tunjukkan minatnya. Bahkan, sudah mulai undang, kita proses tender," ucap dia di kawasan Bandung, Jawa Barat, Selasa 17 April 2018.

5 Senjata Mematikan Buatan Indonesia yang Dibeli Militer Asing

Medium tank milik Pindad diminati lantaran dinilai mumpuni dari beberapa medium tank buatan negara lain, semisal Korea Selatan. Medium tank milik Pindad dirasa memenuhi spesifikasi beberapa negara yang minat itu.

"Kalau barang kayak gini, mereka akan lihat dari design, dan dari sana mereka sudah hitung sebetulnya. Saat kemarin di Cilegon (HUT TNI ke-72) kan sudah kita coba," katanya.

Konflik Ukraina dan Rusia yang Tidak Kunjung Berakhir Menjadi Alarm bagi Seluruh Dunia

Meski begitu, ia mengatakan medium tank itu tidak bisa dijual langsung dalam waktu dekat. Harus terlebih dulu mengikuti proses sertifikasi, seperti tes antiranjau dan antitembak sebelum dijual.

"Jadi, tahun ini kita perlu proses sertifikasi dulu. Syarat agar bisa dipakai adalah harus melalui proses sertifikasi. Di tengah tahun ini kemudian kami akan siapkan lini produksi, mudah-mudahan 2019-2020 itu ada batch pertama. Kemudian kami kirim ke pengguna kami, TNI," ujar Ade. (ase)

Menteri BUMN Erick Thohir angkat AM Putranto jadi Komisaris Independen PT Pindad gantikan Sakkan Tampubolon.

Erick Thohir Angkat Asisten Prabowo Jadi Komisaris Pindad

Holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk merombak susunan komisaris PT Pindad.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024