Jembatan Tuban Ambruk, Arus Mudik Terancam Terganggu

Kapolda Jatim, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin (kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin mengatakan, jembatan yang ambruk di atas aliran Bengawan Solo di Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur, merupakan satu-satunya akses Tuban-Lamongan di jalur Pantai Utara.

Banjir Besar di Kerinci, Jembatan Temiai Amblas hingga Makan Korban Jiwa

Bila perbaikan tak selesai hingga menjelang Lebaran, arus mudik dan balik dipastikan terganggu. 

Machfud menjelaskan, jembatan yang melintasi Sungai Bengawan Solo itu semula ada dua. Jembatan yang ambruk adalah jembatan lama, dilintasi kendaraan dari Tuban menuju Lamongan. Lantaran jembatan itu ambruk, saat ini satu jembatan yang relatif baru dipakai kendaraan dari dua arah berlawanan. 

Jembatan Gantung Ambruk saat Lomba 17-an, Puluhan Warga Berjatuhan ke Sungai

Akibatnya, kepadatan dan kemacetan lalu lintas terjadi. Polisi mengatur arus lalu lintas di lokasi kejadian dengan sistem buka tutup dan contraflow. "Mau tidak mau contraflow. Enggak ada alternatif lain, ya itu jalur utama," kata Machfud, saat ditemui wartawan di Markas Polda Jawa Timur, Selasa 17 April 2018. 

Dia berharap, instansi terkait segera memperbaiki jembatan yang ambruk dan selesai sebelum Idul Fitri 2018 tiba. Jika masih menggunakan satu jembatan saat musim mudik dan balik Lebaran, kepadatan lalu lintas sudah pasti akan terjadi.

35 Turis Nyemplung ke Laut Akibat Jembatan Nusa Penida Ambruk, Begini Kronologinya

Machfud menjelaskan, jembatan yang ambruk adalah jembatan lama. Selain diduga karena ausnya konstruksi, beratnya muatan truk yang melintas saat kejadian tak mampu dipanggul badan jembatan hingga patah dan ambruk. "Ada tiga truk jalan bersamaan, mengangkut semen, jelas tidak kuat (jembatannya)," ujarnya. 

Di bagian lain, Kepolisian mengklarifikasi jumlah korban meninggal dunia dalam peristiwa itu. Korban tewas ternyata satu orang, bukan dua orang seperti laporan awal dikabarkan. "Yang satunya syukurlah ternyata selamat, luka berat. Korban meninggal dipastikan satu orang," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera kepada VIVA.

Jembatan Baltimore Amerika Serikat  Ambruk

Ditabrak Kapal Kargo, Jembatan Baltimore Amerika Serikat  Ambruk

Sebuah insiden tragis terjadi di kota Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, saat sebuah jembatan utama runtuh pada dini hari Selasa, 26 Maret 2024 setelah ditabrak kapal.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024