Sukmawati Mendadak Temui Para Kiai di Kantor NU Jatim

Sukmawati Soekarnoputri mendatangi kantor NU Jawa Timur di Surabaya pada Rabu, 18 April 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Sukmawati Soekarnoputri mendadak menemui kiai dan pengurus Nahdlatul Ulama Jawa Timur di Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu siang, 18 April 2018. Belum diketahui pasti kunjungan Sukmawati itu silaturrahim biasa atau terkait polemik puisinya yang kontroversial, 'Ibu Indonesia'.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Sukmawati tiba di kantor NU Jatim sekira pukul 13.15 WIB. Ia ditemui langsung oleh Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziyah NU setempat, KH Anwar Mansur-KH Hasan Mutawakkil Alallah, dan sejumlah pengurus lain. Mereka melakukan pertemuan tertutup.

"Nanti ada konferensi pers," kata Sekretaris NU Jatim, Akhmad Muzakki, tanpa menjelaskan agenda pertemuan itu.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Sukmawati memantik pro dan kontra gara-gara puisi 'Ibu Indonesia' yang ia bacakan dalam sebuah acara di Jakarta beberapa pekan lalu. Puisinya menjadi polemik karena isinya membandingkan antara azan dengan kidung serta cadar dan konde.

Saat awal jadi polemik, NU Jatim salah satu elemen yang mempersoalkan puisi Sukmawati itu. Bahkan, saat itu Ketua NU Jatim, Hasan Mutawakkil Alallah, memerintahkan Gerakan Pemuda Ansor agar melaporkan Sukmawati ke Kepolisian Daerah Jawa Timur. Perintah itu ditindaklanjuti Ansor. Tapi informasinya laporan itu dicabut. 

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial

Isi dari puisi Sukmawati itu, kata Mutawakkil, justru bertentangan dengan pemikiran Soekarno. "Kami sayangkan karena itu bertentangan dengan sikap dan perilaku sang proklamator, ayahandanya (Sukmawati) sendiri, Bung Karno, di mana beliau sangat-sangat menghormati agama," ujarnya pada 3 April 2018. (mus)

Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024