Gempa Banjarnegara, Ratusan Rumah Rusak

Bangunan rusak akibat gempa di Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu, 18 April 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Ratusan rumah mengalami kerusakan akibat gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 skala richter di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu, 18 April 2018. Kerusakan terparah terjadi di Dusun Kebakalan, Desa Kertosari, Kecamatan Kalibening.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Menurut Tri Sugiarto, relawan BPBD Banjarnegara, tim gabungan kini masih terus melakukan pendataan dan mengevakuasi warga terdampak. Kerusakan rumah di Desa Kalibening mencapai hampir 80 persen.

"Kerusakan mulai dari tembok dan atap ambrol. Sekarang masih didata terus," kata Tri saat dihubungi VIVA, Rabu, 18 April 2018. 

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Ia menyebutkan, kerusakan diakibatkan goncangan yang cukup keras saat gempa terjadi. Saat gempa, masyarakat berhamburan keluar rumah. 

Selain  bangunan rumah, gedung sekolah, dan masjid juga terdampak kerusakan. Beberapa warga juga mengalami luka-luka karena tertimpa reruntuhan bangunan. Mereka kini dibawa ke puskesmas terdekat dan sebagian warga mengungsi ke rumah warga di Dusun Gunung Tawang Kecamatan Kertosari.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

BPBD Banjarnegara dibantu TNI, Polri, PMI serta relawan kini terus melakukan pendataan dan penanganan darurat. Posko darurat didirikan di Kalibening. 

Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,4 SR terjadi sekitar pukul 13.28 WIB. Pusat gempa di darat pada kedalaman 4 kilometer pada jarak 52 kilometer utara Kebumen. Gempa tidak berpotensi tsunami.  Lokasi pusat gempa berada di darat yang diakibatkan oleh aktivitas patahan atau sesar lokal. (mus)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024