BMKG Sebut Gempa Banjarnegara Mirip Musibah Yogyakarta 2006

Musala roboh akibat gempa Banjarnegara, Rabu 18 April 2018.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Gempa sebesar 4,4 skala richter di Banjarnegara, Jawa Tengah, siang menjelang sore tadi membuat ratusan warga harus mengungsi. Karakteristik gempa tersebut pun dinilai mirip dengan gempa Yogyakarta 2006. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Nyoman Sukanta mengatakan, yang membedakan hanya besaran magnitudo yang lebih kecil, waktu yang lebih pendek serta kedalaman gempa yang tidak dalam.

"Meski hanya 4,4 SR namun kedalamannya hanya empat kilometer yang berdampak cukup parah meski tak separah dampak gempa bumi di Yogyakarta 2006 silam," ujar Nyoman kepada VIVA, Rabu malam 18 April 2018.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Jika di Yogyakarta ada nama sesar Opak-Oyo namun di Banjarnegara belum ada namanya dan disebut sesar lokal. Nyoman mengatakan daerah yang banyak bukit, lembah dan sungai, punya potensi sesar gempa namun demikian belum diketahui.

"Kontur daerah di Banjarnegara itu banyak bukit dan lembah serta sungai sehingga banyak sesar gempa namun belum diketahui dan baru diketahui setelah terjadi gempa tektonik darat," ujarnya.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Lebih jauh Nyoman mengatakan gempa bumi tidak ada yang bisa memprediksi namun kesiap-siagaan masyarakat terhadap bencana harus terus ditingkatkan.

"Gempa di Banjarnegara mungkin tidak diprediksi masyarakat, namun terjadi dan di darat gempanya," ucapnya.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024