Akademi Antikorupsi, Belajar Online Bahaya Korupsi

Peluncuran Akademi Antikorupsi ICW di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Indonesia Corruption Watch (ICW) meluncurkan progran Akademi Antikorupsi, yang berlokasi di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Kamis, 19 April 2018.

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Koordinator ICW, Adnan Topan Husodo mengatakan, kehadiran Akademi Antikorupsi dilatar belakangi oleh keprihatinan terhadap korupsi yang masih menjadi persoalan utama bangsa. Korupsi masih menjadi hambatan untuk mengejar kemajuan ekonomi dan menjadi penghalang utama untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Sekalipun penegakan hukum dilakukan, tapi masalah korupsi ini masih hidup dengan subur bahkan dengan modus yang semakin canggih. "Kita perlu mempelajari segala aspek tentang korupsi supaya bisa melawan korupsi," ujarnya.

Rangkuman Gagasan Antikorupsi Anies, Prabowo dan Ganjar di PAKU Integritas KPK

Untuk itu, ICW mengajak para pelajar, mahasiswa, aktivis, dan masyarakat luas untuk bersama-sama belajar tentang korupsi dan cara-cara melawannya melalui Akademi Antikorupsi. Pembelajaran antikorupsi ini bisa diikuti secara cuma-cuma melalui Internet.

Adnan menambahkan, dalam tahun pertama ini Akademi Antikorupsi menawarkan enam mata kuliah, yaitu pengantar korupsi untuk remaja, pengantar korupsi untuk mahasiswa atau anggota dewan, pedagogi kritis dan pendidikan antikorupsi, sosilogi korupsi, pengantar hukum korupsi, serta korupsi dan kemiskinan.

Anies Puji Standar Etika Orang-orang KPK Dulu: Datang di Sebuah Tempat, Tak Asal Ikut Makan

"Kuliah diberikan oleh para aktivis antikorupsi serta dosen tamu dari kalangan akademis maupun praktisi dalam pemberantasan korupsi," ujarnya menjelaskan.

Selain menawarkan pembelajaran antikorupsi melalui media sosial (daring), Akademi Antikorupsi juga mengembangkan pendidikan antikorupsi melalui kelas tatap muka maupun penggabungan keduanya. Akademi Antikorupsi menjalin kerja sama dengan kalangan perguruan tinggi maupun institusi lain yang berminat menyelenggarakan pendidikan antikorupsi.

Dalam acara peluncuran itu, turut hadir Ketua KPK, Agus Rahardjo, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Puji Astuti dan Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya