Puluhan Pengungsi Rohingya Terdampar Lagi di Aceh

Puluhan pengungsi etnis muslim Rohingya terdampar di Pantai Kuala Raja, Kabupaten Bireuen, Aceh, pada Jumat, 20 April 2018.
Sumber :
  • Dokumentasi ACT

VIVA – Sebuah perahu yang membawa 76 orang pengungsi Rohingya, terdampar di perairan Aceh, tepatnya di Pantai Kuala Raja, Kabupaten Bireuen, Aceh, pada Jumat 20 April 2018.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Berdasarkan informasi yang diperoleh VIVA, ke-76 pengungsi Rohingya itu terdiri dari 25 perempuan, 43 laki laki, dan delapan anak-anak. Semua dalam satu kapal kayu.

Sebagaimana diinformasikan oleh Hidayat, koordinator Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Bireuen, para pengungsi Rohingya itu ditemukan oleh nelayan setempat pada pukul 14.00 WIB. Mereka, kemudian digiring ke daratan untuk diselamatkan.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Puluhan Pengungsi Rohingya Terdampar Lagi di Aceh

Saat diperiksa kesehatannya, lima orang pengungsi Rohingya mengalami sakit, tiga di antaranya laki-laki dan dua orang perempuan. "Ini masih kita periksa kesehatannya, mereka sudah diberikan infus di lokasi," kata Hidayat.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Kepala Kepolisian Resor Bireuen Ajun Komisaris Besar Polisi Riza Yulianto membenarkan keberadaan para pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di pesisir Bireuen itu.

Belum diketahui pasti tujuan pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Aceh ini. Sebulan terakhir sudah dua kali mereka terdampar di Aceh. Pada awal April 2018, lima warga Rohingya terdampar di perairan Aceh Timur.

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024