Khofifah: Inti Hari Kartini ialah Rajin Membaca

Calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membeli buku di Kampoeng Ilmu Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 21 April 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memperingati Hari Kartini bersama ibu-ibu di pasar buku Kampoeng Ilmu di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 21 April 2018. Di sana, ia membagikan buku kumpulan surat Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang.

Anggun Berkebaya, 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung Kembang

Tiba di lokasi, Khofifah langsung menuju kios-kios buku bekas di Kampoeng Ilmu. Di salah satu kios, dia berhenti. Sebuah buku bersampul cokelat yang dipajang dipungut Khofifah. "Ada lagi buku ini, saya ambil tiga," kata Khofifah kepada penjual. 

Buku yang dibeli Khofifah itu ialah kumpulan surat Kartini semasa hidup berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, disusun Arminj Pane. Satu lagi buku yang dibeli mantan Menteri Sosial itu, yakni Biografi Gus Dur. "Kalau ini buku best seller, Biografi Gus Dur," ujar Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu. 

Dinilai Tangguh, Nikita Mirzani Banjir Pujian Netizen: Kartini yang Sesungguhnya

Khofifah lalu menemui ibu-ibu yang berkumpul di pendapa area tengah Kampoeng Ilmu. Ia kemudian melontarkan tebak-tebakan soal buku apa yang pernah ditulis Kartini. Tiga ibu menjawab benar dan diberi hadiah buku Habis Gelap Terbitlah Terang.

Khofifah mengaku senang dan mengapresiasi peringatan Hari Kartini di Kampoeng Ilmu. Mengambil semangat membaca Gus Dur, Khofifah mengatakan bahwa inti dari Hari Kartini ialah rajin membaca.  "Inti dari Hari Kartini ialah rajin membaca," katanya.

Jadi Anggota DPR Sekaligus IRT, Begini Kris Dayanti Meneladani Sosok Kartini
Tantangan kesetaraan gender.

Laporan Women in Business 2024 Ungkap Tantangan Menuju Kesetaraan Gender di Era Kartini Masa Kini

Sejalan dengan semangat Kartini, tahun ini menandai 20 tahun sudah Grant Thornton mengupas perkembangan peran perempuan yang menempati level manajemen senior perusahaan .

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024