Gempa Susulan di Banjarnegara, Enam Warga Luka-luka

Bangunan rusak akibat gempa susulan di Banjarnegara, Sabtu 21 April 2018
Sumber :
  • VIVA / Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Gempa kembali mengguncang kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Gempa berkekuatan 3,4 skala richter itu terjadi pada Sabtu, 21 April 2019 sekitar pukul 18.19 WIB.

Ada 13 Kali Gempa Bumi Susulan di Banten Usai Magnitudo 5,7 SR

Enam orang dikabarkan luka-luka akibat gempa susulan ini. Mereka dirawat di Puskesmas Kalibening. Gempa terasa kuat selama 10 detik, khususnya di Desa Kasinoman dan Desa Sidokangen Kecamatan Kalibening.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, gempa susulan berpusat 25 kilometer utara Banjarnegara dengan kedalaman 1 km.

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Bayah Banten

"Pusat gempa di darat dengan sangat dangkal. Banyak warga panik dan keluar rumah," katanya.

Sejak gempa 4,4 SR pada Rabu, 18 April lalu, gempa susulan telah terjadi sebanyak sembilan kali. Namun kekuatannya masih kecil. Namun demikian, warga yang kini mengungsi mengalami trauma. Khususnya ribuan warga yang ada di posko pengungsian.

BMKG: Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Tasikmalaya Bersumber dari Daratan

"Mereka masih belum berani masuk ke rumahnya sejak gempa pertama lalu. Karena banyak rumah yang rusak. BPBD dan aparat kini masih melakukan pemantauan dampak gempa, " ujarnya.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Jawa Tengah Juga Diguncang Gempa, Terbaru di Cilacap, Salatiga dan Grobogan

Gempa terjadi beruntun selama dua hari ini di Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Yang terbaru, gempa mengguncang Cilacap pada hari Senin pagi

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024