Ini Alasan KUA Resmi Nikahkan Bocah SMP Asal Bantaeng

Pernikahan dini/anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sepasang bocah SMP di kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Sy (15) dan FA (14) secara sah telah melakukan akad nikah. Keduanya mengikat janji perkawinan di rumah mempelai wanita di Jalan Sungai Celendu, Bantaeng, Senin pagi, 23 April 2018.

Pengin Kaya Pasha Ungu, Kiesha Alvaro Mau Nikah di Usia 23

Rencana untuk menikah pasangan yang masih di bawah umur ini, sebelumnya sempat ditolak oleh Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, karena syarat usia mereka belum memenuhi. Bahkan, rencana pernikahan keduanya sempat heboh di dunia maya.

Penghulu Fungsional KUA Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Syarif Hidayat membenarkan pernikahan tersebut. Ia menyebut, pasangan tersebut menikah pagi tadi pada pukul 10.00 Wita.

Pernah Gagal, Jefri Nichol Akui Takut Nikah Gara-gara Hal Ini

"Sudah sah, tadi pagi acaranya (pernikahan), sekitar jam 10," katanya kepada VIVA.

Plt Ketua Pengadilan Agama Bantaeng, Ruslan Saleh menyatakan bahwa Pengadilan Agama Bantaeng memiliki alasan, sehingga memberikan dispensasi nikah kepada pasangan anak di bawah umur SY dan FA yang mengajukan permohonan pernikahan.

Profil Alba Baptista, Istri Chris Evans yang Usianya Terpaut Usia 16 Tahun

Ruslan Saleh menyebutkan bahwa pemberian dispensasi itu bukan tanpa sebab, tetapi melalui serangkaian pertimbangan. Apalagi, dari informasi kedua keluarga bahwa keduanya diketahui sudah sering jalan bersama. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka majelis hakim mengabulkan permohonan mereka.

"Pertimbangan Pengadilan Agama ini tidak serta merta, apalagi informasi dari keluarga bahwa keduanya sering bersama. Kalau zina, siapa yang tanggung jawab," ujarnya.

Sule dan Rizky Febian

Larang Nikah Muda, Sule Gak Mau Rizky Febian Ulang Kesalahan yang Sama

Rizky Febian mulanya berniat menikah di usia sekitar 22 tahun. Namun Sule tidak menyetujui hal itu dan meminta Rizky Febian menikah setelah usia 26 tahun saja. Kenapa?

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024