Kebakaran Sumur Minyak di Aceh dari Percikan Api Pengelasan

Kebakaran di pengeboran minyak mentah di Kecamatan Ranto Pereulak, Aceh Timur.
Sumber :
  • Dani Randi

VIVA – Kebakaran di pengeboran minyak mentah di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Pereulak, Aceh Timur, Aceh, setelah api berkobar selama 6 jam lebih pemadaman masih terus dilakukan.

Sumur Minyak di Aceh Timur Kembali Terbakar

Api pertama kali dilaporkan terlihat pada pukul 01.15 WIB dan upaya pemadaman masih dilakukan hingga pukul 09.00 WIB. Hingga saat ini, sebanyak 10 pekerja dilaporkan meninggal dunia dan 40 orang lebih mengalami luka-luka.

Dari informasi awal, kebakaran disebabkan dari percikan api saat seorang pekerja melakukan pengelasan pipa yang akan dimasukkan ke dalam sumur.

Pertamina Kembali Temukan Sumur Minyak Baru di Jambi

Kapolres Aceh Timur Ajun Komisaris Besar Polisi Wahyu Koncoro membenarkan terjadinya kebakaran di sumur pengeboran minyak tersebut.

"Kita masih terus membantu korban dan nanti setelah usai didata seluruhnya akan diinformasikan kepada rekan-rekan media, mohon doa dan bersabar," ujarnya.

Investasi Naik, Pertamina Targetkan Pengeboran 411 Sumur

Kejadian kebakaran di lokasi pengeboran minyak di Kecamatan Ranto Peureulak bukan kali pertama terjadi. Pada 15 November 2017, kebakaran menyebabkan dua orang meninggal dunia dan 13 orang mengalami luka bakar.

Sudah sejak lama, pengeboran sumur minyak ilegal di wilayah Aceh Timur memang sudah menjadi sorot. Banyak pihak meminta pemerintah daerah melakukan penertiban pengeboran ilegal karena mengabaikan faktor keselamatan.

Sumur SAS 1 proyek Seleraya Belida (SRB) yang sudah beroperasi dengan lifting sebesar 2.000 barel minyak per hari (BOPD)

SKK Migas Sidak Sumur Minyak Seleraya Belida Sumsel, Ini Hasilnya

SKK Migas melakukan sidak atau inspeksi mendadak di proyek Seleraya Belida (SRB) di Gelumbang Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023