Ada Badai Tropis 98S, Waspada Cuaca Buruk

Cuaca Buruk
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jojon

VIVA – Masyarakat Indonesia bersiap dan waspadalah, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk. Sebab, baru saja terdeteksi kemunculan bibit badai alias siklon tropis di Samudera Hindia.

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

Bibit siklon tropis bernama 98S ditemukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, di Samudera Hindia barat daya Sumatera, Sabtu, 28 April 2018.

Juga terpantau sirkulasi siklonik di Laut Andaman, dengan level 925/700 mb.

BMKG Ingatkan Masyarakat NTT Waspada Bibit Siklon Tropis 96S yang Kini di Laut Sawu

Peta bibit badai tropis 98S.

Dalam siaran resminya, BMKG menyebutkan, konvergensi terbentuk memanjang dari Kalimantan Timur, hingga perairan utara Kalimantan, di Samudera Hindia, Bengkulu, dan dari perairan utara Sulawesi Utara, hingga perairan utara Papua Barat.

Mengenal Badai Siklon Tropis, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

"Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian utara, pesisir barat Sumatera Barat, Kalimantan bagian timur, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua," tulis BMKG.

Bibit siklon tropis 98S memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia, dalam dua hari ke depan, gelombang dengan tinggi 1,25-2,50 meter berpeluang terjadi di Perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, dan perairan selatan Pulau Jawa.

Selain itu, gelombang dengan tinggi 2,5-4,0 meter berpeluang terjadi Samudera Hindia selatan Pulau Jawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya