Logo BBC

Berbalas Tagar #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja

Video dugaan perisakan tersebut terjadi pada acara Car Free Day yang berlangsung di sekitar kawasan Thamrin-Sudirman, Jakarta, pada Minggu (29/4). - YouTube/Jakartanicus
Video dugaan perisakan tersebut terjadi pada acara Car Free Day yang berlangsung di sekitar kawasan Thamrin-Sudirman, Jakarta, pada Minggu (29/4). - YouTube/Jakartanicus
Sumber :
  • bbc

Viralnya sebuah video yang menampilkan dugaan perisakan terhadap seorang ibu dan seorang anak yang mengenakan kaus pendukung Presiden Joko Widodo menghidupkan lagi aksi berbalas tagar #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja yang diduga terkait pemilihan presiden 2019 nanti.

Video dugaan perisakan tersebut terjadi pada acara Car Free Day yang berlangsung di sekitar kawasan Thamrin-Sudirman, Jakarta, pada Minggu (29/4).

Salah satu akun yang menyebarkan video tersebut adalah milik @robin_ssl yang sudah disebarkan lebih dari 1.100 kali dan disukai lebih dari 500 kali.

Dalam video sepanjang 1:30 menit tersebut terlihat seorang perempuan yang mengenakan kaus dengan tagar #DiaSibukKerja- yang memperlihatkan lengan seorang pria yang melambangkan Presiden Jokowi tengah menggulung lengan bajunya - dikelilingi oleh beberapa pria dengan kaus #2019GantiPresiden yang melambai-lambaikan uang sambil meneriakkan, "Nasi bungkus, nasi bungkus."

Di media sosial, aksi dugaan perisakan itu pun mengundang banyak perdebatan di kalangan warganet - dari yang mengecam sampai yang menjadikannya bahan ilustrasi.

Bagi pendukung tagar #2019GantiPresiden, mereka menyebut bahwa aksi tersebut adalah bagian dari spontanitas dan tidak hanya terbatas di Jakarta, melainkan juga berlangsung di Bandung dan Surabaya.

Menurut situs Spredfast, tagar #2019GantiPresiden meningkat 232% penggunaannya, atau dipakai di sekitar 120 ribu cuitan sejak Minggu (29/04) pagi.