Istri Novanto Ungkap Fredrich Pernah Minta Resume Medis

Istri terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Istri Setya Novanto, Deisti Astriani mengatakan, Fredrich Yunadi pernah mendatangi kediamannya pada November 2017. Ketika itu, Fredrich meminta diperlihatkan data resume medis suaminya saat dirawat di RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Hal itu disampaikan Deisti saat bersaksi untuk terdakwa Fredrich Yunadi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis, 3 Mei 2018.

"Fredrich ke rumah mau lihat hasil resume dokter. Kalau tidak salah, Bapak (Novanto) baru pulang dari rumah sakit beberapa minggu sebelumnya," kata Deisti.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Menurut dia, ketika itu Fredrich tidak membawa pergi dokumen resume medis Novanto. Namun, kata dia, Fredrich memotret beberapa lembar rekam medis itu.

Bukan hanya itu, menurut dia, Fredrich juga meminta agar data rekam medis yang disimpan dalam bentuk CD di-copy oleh asisten rumah tangga di rumah Novanto.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Akhirnya CD itu di-copy, terus ditaruh di satpam. Tapi enggak tahu sudah diambil apa belum," kata Deisti.

Dalam surat dakwaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Fredrich Yunadi, foto data rekam medik Setya Novanto diperoleh dari Rumah Sakit Premier Jatinegara. Foto itu yang diambil beberapa hari sebelum Novanto dirawat di RS Medika Permata Hijau.

Padahal, menurut jaksa, tidak ada surat rujukan dari RS Premier Jatinegara untuk dilakukan rawat Inap terhadap Setya Novanto di rumah sakit Iain.

Dalam kasus ini, Fredrich Yunadi didakwa tim jaksa KPK, bersama-sama dengan dokter RS Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo telah melakukan rekayasa medis agar Setya Novanto dirawat di RS Medika Permata Hijau.

Hal itu dilakukan guna menghindari pemeriksaan KPK. Waktu itu, Setya Novanto masih tersangka korupsi proyek e-KTP, dan Fredrich sebagai pengacaranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya