Gunung Merapi Meletus, Seratus Pendaki Masih di Lokasi

Letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Tim relawan Barameru Merapi, akan menyisir jalur pendakian Gunung Merapi, untuk memastikan kondisi para pendaki, usai letusan gunung tersebut pada Jumat pagi, 11 Mei 2018.

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Pembina Barameru Merapi, Samsuri menyebutkan, di jalur pendakian Gunung Merapi, masih ada sekitar seratus pendaki. Namun, ia belum bisa menyebutkan jumlah pastinya, karena masih melakukan pengecekan data pendaki.

"Kalau yang di atas, sekitar seratusan. Ini kami masih olah data dengan mengecek KTP milik pendaki yang ditinggal di base camp," katanya, Jumat.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Hingga Jumat pagi, dia mengungkapkan, sudah ada pendaki yang turun. Namun karena adanya letusan itu menyebabkan mereka langsung meninggalkan base camp karena ketakutan.

"Memang sebagian sudah turun, tapi masih banyak yang di atas. Nah, yang turun itu tadi langsung buru-buru pulang karena takut. Mereka sampai lupa mengambil KTP yang ditinggal," ujarnya.

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

Terkait kondisi pendaki yang masih di atas, Samsuri belum bisa mengetahuinya. Untuk itu, para relawan Barameru akan dikumpulkan untuk melakukan penyisiran di jalur pendakian.

"Nanti, kami akan ke atas untuk menyisir dan memastikan pendaki yang di atas sudah turun semua," ujarnya.

Lihat video amatir seorang pendaki yang merekam detik-detik meletusnya Gunung Merapi di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya