Hujan Abu Letusan Merapi Tersebar Merata di Yogyakarta

Hujan abu dari letusan freatik Merapi, merata di Yogya.
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Letusan  freatik Gunung Merapi, yang berlangsung sekitar pukul 07.45 WIB, mengakibatkan hujan abu di sekitar lereng. Namun kini hujan material sudah meluas hampir ke seluruh kabupaten juga di kota Yogyakarta.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Dari pantauan di lapangan, sejumlah ruas jalan utama seperti di Jalan Ring Road Selatan Yogyakarta, yang berada di wilayah Kabupaten Bantul, terlihat berdebu akibat abu vulkanik yang berterbangan.

"Jalan berdebu dan seperti rada gelap akibat debu beterbangan," kata Supri salah satu pengguna sepeda motor yang melintas di jalan ring road selatan Yogyakarta, Jumat 11 Mei 2018.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Supri mengaku memilih berhenti dan mencari tempat yang aman dari hujan abu karena dia tidak membawa masker dan kaca mata.

"Sakit debu masuk ke mata. Perih mata memerah," ucapnya.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Pantauan di sejumlah ruas jalan, masih ada pengguna sepeda motor yang nekat menerjang hujan abu. Akibatnya jaket, helm, sepatu, kotor akibat abu.

"Tadi malah ada yang pakai jas untuk melindungi pakaian dari debu abu vulkanik," ujar Yoyok pengguna jalan yang lainnya.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024