Seorang Pendaki Rekam Detik-detik Meletusnya Gunung Merapi

Pendaki merekam letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gunung Merapi mengalami erupsi freatik pada Jumat pagi, 11 Mei 2018. Momen menakutkan terekam oleh seorang pendaki yang tampak tidak terlalu jauh dari kawah gunung tersebut.

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Letusan terjadi pada pukul 07.43 WIB. Menurut BPPTKG, letusan freatik yang terjadi tidak terlalu berbahaya dan status aktivitas Merapi masih normal.

Namun, sebuah pemandangan menakutkan dialami oleh para pendaki. Terlihat dalam video yang viral, tampak beberapa pendaki sedang beristirahat dan memasak.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Tiba-tiba terjadi letusan dan terlihat asap membumbung tinggi keluar dari kawah Gunung Merapi. "Erupsi," teriak salah satu pendaki.

Terdengar beberapa pendaki langsung lari dari tempat tersebut sementara beberapa orang lain berlindung. Sampai saat ini, belum diketahui kondisi pendaki yang merekam video tersebut.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Lihat videonya di bawah ini:

Berdasarkan laporan sementara terdapat sekitar 120 orang yang mendaki Gunung Merapi dan mendekati Pasar Bubrah. Menurut tim relawan Barameru Merapi, sudah ada beberapa yang meninggalkan base camp dan akan dilakukan penyisiran di jalur pendakian.

Para pendaki Gunung Merapi dihimbau mengikuti rekomendasi dan tidak memaksakan diri mendekati puncak kawah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya