Letusan Gunung Merapi Reda, Sebagian Warga Kembali ke Rumah

Letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Warga di lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman, Yogyakarta sempat mengungsi saat terjadi letusan freatik di gunung tersebut, Jumat, 11 Mei 2018.  Letusan itu menyebabkan abu vulkanik membentuk kolom setinggi 5.500 meter, disusul hujan abu.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, setelah letusan freatik mereda warga ada yang langsung pulang ke rumahnya masih-masing. Namun ada sekitar 100-an warga di Purwobinangun dan Umbulharjo masih bertahan di pengungsian.

"Memang tadi ada instruksi daerah rawan di area lima kilometer dari puncak Merapi dan kemudian dua kilometer dari puncak Merapi," kata Biwara, Jumat, 11 Mei 2018.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Menurutnya, dalam kejadian letusan freatik ini dipastikan tidak ada korban jiwa, termasuk pendaki yang berada tak jauh dari puncak Merapi semuanya selamat. "Belum ada laporan korban jiwa sejauh ini," ujarnya.

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah dampak dari hujan abu vulkanik. Imbas abu vulkanik tersebut melanda sejumlah wilayah di Yogyakarta seperti Bantul, Kota Yogya dan Kabupaten Sleman, termasuk Bandara Adisutjipto.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Biwara memastikan, saat letusan freatik hanya abu yang terbawa dan tidak membawa pasir, seperti erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam. Meski hanya abu sisa erupsi, letusan Merapi ketika itu tetap berbahaya jika mengenai mata dan terhirup.

"Jadi kalau yang kebetulan di luar dan dalam perjalanan bisa minta masker di Puskesmas terdekat dan gratis namun banyak juga relawan yang membagikan masker," ujarnya. (ase)

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024