Total 25 Orang Tewas akibat Bom di Surabaya dan Sidoarjo

Kepala Polda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin, di Markas Surabaya pada Rabu, 18 April 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Total sebanyak 25 orang tewas dalam serangkaian peledakan bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur, pada Minggu-Senin, 13-14 Mei 2018. Tiga belas di antaranya adalah pelaku dan 12 lainnya adalah polisi dan warga.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin, mengonfirmasi angka itu yang semua dalam peristiwa bom di Surabaya dan Sidoarjo sepanjang hari kemarin dan Senin pagi.

Rinciannya, 21 orang dari bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo kemarin dan empat lainnya dari ledakan bom di Markas Polrestabes Surabaya pada Senin pagi.

Polri Ungkap Kronologi Ledakan Tangkahan Ikan di Sibolga

"Korban secara menyeluruh hari ini khususnya di Surabaya dan Sidoarjo dua puluh satu orang. Ini belum ditambah dengan yang di Polrestabes Surabaya ada empat yang meninggal dunia," kata Machfud dalam konferensi pers di Markas Polda Jawa Timur pada Senin siang.

Ke-21 korban bom di Surabaya dan Sidoarjo kemarin, rinciannya 9 pelaku dan 12 warga. "Tadi malam di Sidoarjo ada tambahan pelaku yang meninggal ada tiga," katanya.

Ledakan di Rumah Ortu Veronica Koman, Polisi: Bukan Bom, Hanya Mercon

Selain meninggal di tempat kejadian, beberapa korban dari unsur warga meninggal setelah menjalani masa kritis di beberapa rumah sakit di Surabaya.

Sementara pada Senin pagi, dikabarkan satu pelaku ditembak mati oleh tim Densus 88 dalam penggerebekan di Sukodono, Sidoarjo. Namun belum disebut oleh Machfud.

Ilustrasi hukuman mati

Hakim India Hukum Mati 38 Terdakwa Ledakan Bom 2008

38 orang terdakwa tersebut terbukti melakukan serangkaian ledakan di kota Ahmedabad India yang menewaskan 50 orang dan melukai 200 orang lainnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2022