Ada Bom di Surabaya, Polri Tetapkan Sumatera Utara Siaga I

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Insiden bom bunuh diri di sejumlah tempat di Surabaya, Jawa Timur, membuat Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw menetapkan status siaga I untuk Sumatera Utara. Kemudian, menginstruksikan kepada seluruh anggota untuk melakukan pengamanan ekstra ketat.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

"Penetapan status siaga l, sudah kita berlakukan sejak tadi malam, untuk wilayah Sumut," ungkap Paulus kepada wartawan di Medan, Senin sore, 14 Mei 2018.

Paulus mengimbau kepada seluruh anggotanya untuk selalu siaga dan mengikuti arahan yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, untuk personil Kepolisian untuk tidak berkeliaran atau berjalan sendiri dan tetap berada di wilayah masing-masing.

Polri Ungkap Kronologi Ledakan Tangkahan Ikan di Sibolga

"Setelah itu, kita juga akan mengarahkan personel kita untuk melakukan pengamanan internal. Artinya, personel kita fokuskan untuk menjaga tempat-tempat ibadah seperti masjid, gereja, vihara, kuil, dan tempat ibadah lainnya," jelas Paulus.

Untuk pengamanan juga dilakukan, seperti tempat ibadah dan markas-markas Komando yang juga tidak luput dari pengamanan ekstra. Namun begitu, Paulus menyampaikan kepada warga Sumatera Utara tetap tenang dan tidak terpancing dengan seluruh informasi propaganda dan tak bisa dipertanggungjawabkan.

Ledakan di Rumah Ortu Veronica Koman, Polisi: Bukan Bom, Hanya Mercon

"Sesuai perintah Kapolri bahwa pengamanan di tempat ibadah menjadi prioritas penjagaan. Kita juga menjaga tempat keramaian seperti mal dan tempat keramaian lainnya. Selain itu, markas-markas komando juga kita lakukan pengamanan, seperti pengamanan di Mapolda Sumut dengan pengamanan berlapis," kata Paulus.

Ilustrasi hukuman mati

Hakim India Hukum Mati 38 Terdakwa Ledakan Bom 2008

38 orang terdakwa tersebut terbukti melakukan serangkaian ledakan di kota Ahmedabad India yang menewaskan 50 orang dan melukai 200 orang lainnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2022