Batas Waktu Siaga Satu Pasca Bom Surabaya Belum Ditentukan

Garis polisi di tiga gereja Surabaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Kepolisian Negara Republik Indonesia telah menetapkan status siaga satu khusus untuk internal Polri. Penetapan status siaga satu ini akan ditetapkan hingga waktu yang belum ditentukan, menyesuaikan kondisi dan situasi keamanan.

VIDEO: Korban Cacat akibat Bom Surabaya Tak Rela Eks ISIS Dipulangkan

"Kita lihat situasi, karena menghadapi hari besar keagamaan puasa dan Lebaran, kita ingin menjaga situasi sekondusif mungkin," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Mei 2018.

Kata Setyo, siaga satu ini artinya ada tambahan personel yang dikerahkan Polri. Selain itu, kewaspadaan anggota juga ditekankan. “2/3 kekuatan ditugaskan, kemudian kewaspadaan ditingkatkan juga," kata Setyo.

Polri Pamer Labfor Surabaya, Kasus Vanessa hingga Bom Diungkap di Situ

Penambahan personel sendiri menurut Setyo dilakukan pada semua lini dan semua fungsi kepolisian. Personel yang disiagakan ada yang bersenjata dan ada pula yang tidak bersenjata.

Sat Brimob Polda Jatim melakukan penjagaan di sekitar Polrestabes Surabaya

Terduga Teroris Asal Jateng Ditangkap Densus 88 di Ponorogo

Untuk masyarakat, Setyo mempersilakan untuk tetap beraktivitas seperti biasanya. Sementara Polri akan bertugas menjaga masyarakat.

Penetapan siaga satu pada internal Polri ini menyusul serentak aksi bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo yang menewaskan belasan orang. Setelah bom gereja, pada malam harinya bom juga meledak di sebuah rumah susun di Sidoarjo. Lalu pada Senin pagi, 14 Mei 2018, bom juga meledak di Mapolrestabes Surabaya. (ase)

Arthur Irawan saat memperkuat Persebaya Surabaya

On This Day: Teror Bom Surabaya Bikin Persebaya Geram

Teror bom sempat terjadi di Surabaya pada 13-14 Mei 2018. Ini sampai membuat duel Persebaya Surabaya ditunda.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2021