Istri Terduga Teroris PNS-nya, Menteri Agama Angkat Bicara

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA – Kementerian Agama akan melakukan pengetatan pengawasan terhadap aparatur sipil negara atau ASN instansinya,  usai salah satu pegawai terkonfirmasi sebagai istri dari seorang terduga teroris. 

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Menurut Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Kanwil Kemenag Jawa Timur, serta Inspektorat Jenderal Kemenag telah mengonfirmasi bahwa Wikoyah, PNS Kanwil Kemenag Jatim merupakan istri terduga teroris Budi Satrio.

Budi Satrio adalah seorang terduga teroris yang membuat bom meledak di Rusun Wonocolo, Sidoarjo. Budi telah tewas ditembak Densus 88 dalam penangkapan di Perum Puri Maharani Sidoarjo, Senin lalu, 14 Mei 2018.

Tentukan Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Malam Ini

"Ini pelajaran bagi kami di Kemenag, untuk lebih ketat meningkatkan kewaspadaan bahwa seluruh ASN dan keluarganya harus sesuai (menepati) sumpah dan janji saat dia dilantik dan harus menaati UU ASN," ujar Menag Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 15 Mei 2018.

Menurut Lukman, Kemenag termasuk salah satu kementerian dengan jumlah satuan kerja (satker) terbanyak mencapai 220 ribu satuan. Hal itu membuat pengawasan terhadap ASN mereka memang tidak bisa dilakukan dengan mudah.

UIN Walisongo Gelar Dies Natalis ke-54, Targetkan Jadi Universitas Riset Terdepan

"Kemampuan kami untuk betul-betul mengetahui aktivitas setiap ASN terbatas. Kita tidak tahu di luar kantor, ASN kita melakukan apa saja," ujar Lukman.


 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024