Jokowi Minta Menteri Yakinkan Dunia Indonesia Aman

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo meminta setiap menteri di Kabinet Kerja meyakinkan dunia internasional bahwa keamanan di Indonesia saat ini masih terjaga. 

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Permintaan itu disampaikan Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

"Narasi buat dunia internasional itu penting sekali buat disampaikan bahwa Indonesia aman," ujar Jokowi.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Menurut Jokowi, pemerintah akan tetap menjalankan tugas-tugasnya di semua aspek, terutama ekonomi, meski serangan teror terjadi beruntun sepanjang pekan. "Sekarang ini kita semuanya tetap fokus untuk bekerja," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi menekankan kepada lembaga-lembaga utama terkait keamanan, yaitu Polri, TNI dan BIN, untuk lebih bisa menjamin keamanan selama Ramadan. Umat Islam diharapkan tidak terganggu sedikit pun saat menjalankan ibadah selama bulan suci.

Kremlin: Presiden Vladimir Putin Rasakan Kesedihan Mendalam Atas Aksi Terorisme di Moskow

"Kapolri dibantu Panglima TNI dibantu Kepala BIN, untuk terus menjaga, mengendalikan keamanan, dan mengedepankan semangat persaudaraan dan kerukunan sosial kita," ujar Jokowi.

Bangkai kendaraan terdampak ledakan bom di Mapolrestabes Surabaya

Kondisi Mapolrestabes Surabaya pasca serangan bom bunuh diri.

Dalam beberapa hari ini, teror bom bunuh diri tengah melanda Tanah Air. Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur, jadi target teroris melancarkan aksi bom bunuh diri. Dari dua wilayah itu, Surabaya yang paling menyita perhatian karena teror bom terjadi di tiga gereja dan Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes). 

Tiga gereja disasar teroris dalam rentan waktu kurang dari dua jam pada Minggu pagi, 13 Mei 2018. Esok paginya, giliran Mapolrestabes Surabaya yang diincar pelaku. Sebanyak 25 orang termasuk pelaku tewas akibat rentetan aksi teror ini.

Dua mayat di gerbang Mapolda Riau.

Mapolda Riau diserang teroris, Rabu, 16 Mei 2018.

Hari ini, giliran Mapolda Riau diserang teroris. Mereka menabrakkan sebuah mobil ke gerbang Mapolda Riau. Seorang polisi meninggal akibat ditabrak. Beberapa petugas lainnya terluka akibat sabetan senjata tajam. Dua wartawan terluka akibat tertabrak mobil pelaku. Sementara, tiga pelaku tewas ditembak petugas. Satu lainnya diamankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya