Logo BBC

Kenapa Polisi 'Kewalahan' Cegah Serangan Teror

Satuan polisi anti-terorisme Densus 88 melakukan penggerebekan rumah terduga teroris.
Satuan polisi anti-terorisme Densus 88 melakukan penggerebekan rumah terduga teroris.
Sumber :
  • bbc

Memasuki bulan puasa, Indonesia masih dirundung aksi terorisme.

Setelah kerusuhan di Mako Brimbo dan bom bunuh diri di Surabaya, Markas Kepolisian Daerah Riau menjadi sasaran terbaru teroris yang diduga terkait dengan kelompok Jamaah Ansharud Daulah (JAD), Rabu (16/05).

Dan pengamat terorisme dari Yayasan Lingkar Perdamaian Ali Fauzi mengkhawatirkan serangan akan berlanjut di Bulan Ramadan karena para teroris meyakini bahwa `amalan` mereka akan diganjar pahala berlipat ganda.

"Mereka meyakini bahwa bom bunuh diri, dengan melakukan serangan pada target-target yang mereka pilih itu bagian daripada jihad."

"Tentu ketika melakukan amal di bulan puasa, pahala, ganjaran yang mereka pahami berlipat-lipat," kata Ali, yang merupakan mantan kombatan dan pernah terlibat dalam kasus terorisme.

Serangan di Mapolda Riau menewaskan seorang polisi dan melukai dua lainnya sedangkan empat pelaku ditembak mati, dan satu pelaku yang berusaha melarikan diri telah berhasil ditangkap.

Rabiu (16/05) pagi sebuah mobil menabrak pagar Mapolda dan dari dalam mobil, ke luar empat orang bertopeng yang kemudian menyerang polisi dengan senjata tajam.