DPR Akan Minta Penjelasan Polri Soal Bendera Israel di Papua

Serombongan orang bawa bendera Israel di Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebuah video viral di media sosial, memperlihatkan adanya konvoi sekelompok orang membawa bendera negara Israel. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa kejadian tersebut terjadi di Papua.

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan mengatakan, dia belum mengetahui adanya video tersebut. Meskipun begitu, nantinya pihak Komisi III DPR akan meminta penjelasan Polri mengenai video tersebut.

"Saya belum tahu video tersebut. Tetapi, pasti kami akan minta klarifikasi ke Polri," kata Arteria di Jakarta, Sabtu 19 Mei 2018.

Panglima Laskar Manguni Sebut Israel Tempat Kelahiran Tuhan Mereka, Ancam Kibarkan Bendera Yahudi

Mengenai adanya dugaan pelanggaran atau polisi abai dengan konvoi tersebut, politikus PDIP ini enggan berkomentar. Menurutnya, semuanya butuh penjelasan terlebih dahulu.

"Kita yakin, polisi ini polisi pejuang, jadi kalau ada istilahnya tindakan abai, saya tidak sepaham. Semua terpetakan, tetapi memang mengurusi bangsa yang besar ini kita juga harus banyak toleransinya, jangan salahkan aparat. Aparat kita terbatas," katanya.

Bentrok Ormas di Bitung, Jawara Betawi Jabodetabek Desak Polisi Bubarkan Laskar Manguni

Sebuah video yang memperlihatkan kibaran bendera Israel di Papua, dan dilakukan oleh warga setempat menjadi viral. Video berdurasi singkat itu menyebar beberapa hari, setelah Amerika Serikat membuka kantor kedutaan besar di Yerusalem, yang segera dianggap sebagai simbol dukungan sang negara adidaya kepada wacana Yerusalem untuk ibu kota Israel.

Dalam video pertama, tampak beberapa orang berjoget-joget sambil melambai-lambaikan bendera bergambar logo bintang Daud di sebuah ruangan besar dan tertutup. Kabarnya, kegiatan itu ialah Kebaktian Budaya Bangsa ke-12 di Gelangggang Olah Raga Waringin Kotaraja Jayapura. Tak diketahui waktu tepatnya.

Video kedua memperlihatkan massa berkonvoi dengan bus, minibus, dan truk. Di setiap kendaraan, tampak satu-dua orang melambai-lambaikan bendera itu.

Seorang pria perekam video itu menyebut peristiwanya di kota Jayapura, Papua, meski tak disebut waktunya. "Ya, ya, ya... Di saat semua dunia mengutuk aksi zionis Israel, di sini, di Jayapura, Papua, semua mengibarkan bendera Israel."

"Hanya di Papua," katanya menambahkan, "yang bisa mengibarkan bendera Israel, ya. Di saat semua mengecam aksi zionis Israel, tapi di negara kita sendiri, masih ada orang yang mengibarkan bendera (Israel)--konvoi; pawai lagi."

Hingga saat ini, pihak Kepolisian belum berkomentar mengenai viralnya video pengibaran bendera Israel di bumi Cendrawasih ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya