Gunung Agung Erupsi Lagi, tapi Masih Berstatus Siaga

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, dilaporkan erupsi lagi.
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan

VIVA – Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem kembali menggeliat. Gunung setinggi 3.142 mdpl itu kembali erupsi. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Agung terpantau menggeliat sekira pukul 17.19 WITA.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 1000 meter di atas puncak kawah. Teramati letusan dengan tinggi 1000 m dan warna asap putih dan kelabu. "Kolam abu condong ke arah tenggara," tulis I Dewa Made Merthe Yasa dalam laporannya, Sabtu 19 Mei 2018.

Saat erupsi, cuaca berawan, angin bertiup lemah hingga sedang ke arah tenggara. Suhu udara 25-27 °C dan kelembaban udara 73-82 persen. Secara visual gunung jelas hingga kabut 0-III. Untuk aspek kegempaan terekam gempa letusan sebanyak satu kali dan gempa tektonik jauh satu kali.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

Saat ini Gunung Agung masih berada di level III atau siaga. Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Gunung Agung Meletus Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 2 Km

PVMBG juga mengimbau masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaian aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Gunung Agung

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Kebakaran sejak siang tadi dan terus membesar hingga malam ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2019